Kelebihan dan kekurangan menabung di bank

Simak Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank Berikut Ini

Menabung di bank adalah cara menyimpan uang yang sudah umum ditengah-tengah masyarakat. Jika semasa kecil dahulu kita menggunakan celengan, namun sesudah besar kita mulai beralih ke bank. Bank dipilih karena bisa menjaga uang yang dimiliki dengan aman, tanpa khawatir kehilangan akibat pencurian. Meskipun demikian, tetap saja ada kelebihan dan kekurangan menabung di bank.

Menabung adalah salah satu bentuk perencanaan keuangan yang matang. Dari kebiasaan inilah, seseorang siap menghadapi berbagai macam kemungkinan yang terjadi di masa mendatang dan membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Pihak bank BUMN dan swasta mengerti kebutuhan masyarakat, sehingga terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah setianya. Ketahui beberapa kelebihan dan kekurangan menabung di bank seperti dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank yang Perlu Dipertimbangkan

Beberapa Kelebihan yang Anda Peroleh Ketika Menabung di Bank

1. Keamanan yang Terjamin

Alasan pertama mengapa Anda perlu menabung di bank daripada menyimpan sendiri di rumah adalah keamanan. Nasabah tidak perlu mencemaskan keamanan uang miliknya, karena pihak bank sudah menyediakan keamanan berlapis baik itu secara nonfisik atau keamanan fisik.

Pihak bank sepenuhnya bertanggung jawab terhadap keutuhan nominal uang yang Anda tabung. Coba pikir kembali ketika Anda ingin menabung sebanyak puluhan juta, namun menyimpan di rumah.

Tentu saja risiko kehilangannya lebih besar daripada menyimpan di bank. Kelebihan ini membuat kebanyakan orang lebih memilih menabung di bank.

2. Lebih Praktis

Keuntungan berikutnya yang bisa Anda peroleh ketika menabung di bank adalah kepraktisan dalam memantau nominal uang terkumpul. Jika menyimpan sendiri di rumah Anda perlu mencatat setiap kali memasukkan uang ke tabungan, sehingga bisa mengetahui berapa banyak jumlahnya.

Namun, hal itu tidak berlaku jika Anda menabung di bank. Pencatatan dilakukan secara otomatis oleh sistem dan ditampilkan pada buku rekening.

Apalagi sekarang Anda bisa setor tunai melalui ATM, sehingga tidak perlu mengantri ke bank.

3. Bebas Bertransaksi

Dengan menjadi nasabah bank, Anda bisa menikmati seluruh produk dan layanan yang mereka tawarkan. Mulai dari menyimpan uang, mengirim uang, menerima, membayar tagihan, membayar cicilan dan bahkan deposito.

Aktivitas Anda semakin dipermudah dengan adanya SMS banking, internet banking dan mobile banking. Sehingga, semua transaksi keuangan berada di genggaman Anda.

4. Membantu Pengelolaan Uang

Menabung di bank membuat setiap orang bisa memantau uang masuk dan keluar dengan sangat mudah. Laporan yang diterima juga mendetail, sehingga bisa membantu mereka dalam mengelola keuangan supaya lebih bijak.

5. Kesempatan Memenangkan Hadiah

Keuntungan ini sebenarnya bersifat opsional atau tidak semua nasabah bisa merasakannya. Namun, jika beruntung Anda dapat memperoleh dorprize yang lumayan menarik. Mulai dari kompor, rice cooker atau bahkan sepeda motor.

Siapa tahu kalau sedang beruntung bisa memperoleh dorprize tersebut. Kalau menabung di rumah sendiri, pastinya tidak berkesempatan memperoleh dorprize.

Kelemahan Menyimpan Uang di Bank

1. Dikenakan Biaya per Bulan

Agar bisnis bisa terus berjalan, pihak bank menetapkan sejumlah biaya kepada nasabah atas pelayanan mereka. Setiap jenis tabungan dan bank memiliki besaran biaya yang berbeda-beda.

2. Nilai Tabungan Susah Berkembang

Sebenarnya ini sudah dipahami oleh setiap nasabah, dimana ketika Anda menabung di bank maka nilainya tidak bertambah besar. Jelas berbeda dengan investasi yang bisa memberikan imbal balik dalam jumlah besar dimasa depan.

Apabila Anda menginginkan nilai uang bertambah, sebaiknya investasi daripada sekedar menabung uang.

3. Adanya Limit Transaksi

Kelemahan menabung di bank yang terakhir adalah adanya limit transaksi. Setiap tipe tabungan biasanya memiliki limit transaksi dengan nominal tertentu setiap bulannya.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan menabung di bank yang perlu dipahami oleh setiap orang. Sehingga, sudah siap menerima segala ketentuan yang berlaku ketika menyimpan uang disana.

Kesimpulannya adalah menabung di bank menjadi langkah paling tepat untuk mengamankan uang Anda. Tidak perlu berpikir imbal balik, karena tujuan dari menabung sejak awal adalah mengumpulkan uang bukan melipatgandakannya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *