cara menghitung rencana anggaran biaya rumah

Simak 2 Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya Rumah Terlengkap

Dalam pembuatan hunian perlu menghitung anggaran yang akan dikeluarkan. Sebenarnya ada langkah mudah sebagai cara menghitung rencana anggaran biaya rumah yang lebih tepat. Hal tersebut cocok digunakan bagi yang ingin mewujudkan rumah impiannya dari nol.

Maka untuk itu tentu harus mengerti terlebih dahulu bagaimana rancangan dalam pembuatan RAB ini. Yaitu berkaitan dengan kisaran biaya yang dibutuhkan untuk membeli berbagai kebutuhan material serta upah dan lainnya. Maka untuk itu simaklah penjelasan selengkapnya.

Mengenal RAB

Sebelum mengetahui cara menghitung rencana anggaran biaya rumah ada baiknya untuk mengenal RAB. Jika diartikan berarti ini merupakan sebagai kisaran biaya yang diperlukan dalam hal pembangunan rumah.

Yaitu berkaitan dengan pembelian alat-alat serta material bangunan. Tidak hanya itu juga berkaitan dengan upah yang dikeluarkan serta sejumlah biaya lain untuk pembangunan rumah.

Dengan adanya RAB ini menjadi acuan bagi pemilik serta kontraktor dalam menentukan anggaran tersebut. Sekaligus juga berkaitan dengan waktu sampai bangunan ini selesai dibangun. Karena adanya gambaran rinci terkait dengan pembangunan rumah atau proyek.

Sekaligus dengan mengetahui ini berarti seorang kontraktor dapat menaksir kira-kira berapa tawaran dari pemilik kepada pihaknya. Sehingga sesuai atau tidak dengan keahlian yang akan diberikan.

Cara Menghitung RAB Rumah

Pembahasan berikutnya yaitu terkait dengan cara menghitung rencana anggaran biaya rumah. Sebenarnya untuk ini ada dua pilihan cara yang umum dipakai oleh banyak orang. Contohnya saja berdasarkan sistem parlementer untuk setiap bangunan.

Dimana untuk ini berarti berdasarkan luas dari bangunan yang akan dibangun. Sementara untuk pilihan kedua dengan penghitungan pada bagian harga satuan bangunan.

Untuk ini juga memanfaatkan sistem analisis yang lebih detail. Tetapi keduanya memiliki keunggulan berbeda simak bahasan berikut ini:

1. Menghitung Satuan Meter

Cara menghitung rencana anggaran biaya rumah pertama dengan memanfaatkan sistem menghitung dengan satuan meter. Untuk ini berarti masing-masing pengguna harus tahu berkisar berapa luas bangunan. Tidak hanya itu juga berkaitan dengan harga untuk satuan per meternya.

Setelahnya baru disesuaikan dengan lokasi pembangunan serta juga terkait dengan lamanya waktu pengerjaan. Contoh bila bangunan berkisar 180 meter persegi maka dengan panjang 15 m serta lebar 12 m.

Sementara untuk satu meter persegi dihargai sekitar 2 juta rupiah. Maka untuk itu jika dikalikan dengan sistem meter. Jadi didapatlah hasil 180x 2 dengan total 360 juta. Begitu juga bila ukuran rumah berbeda, bisa ikuti contohnya.

2. Analisis Harga Satuan

Kemudian untuk cara berikutnya dengan memanfaatkan sistem analisis yaitu terkait dengan harga untuk satuan bangunan tersebut. Selain mengetahui bentuk denah rumah juga harus punya daftar berkaitan dengan material yang lengkap serta biaya tukang.

Kemudian juga harus tahu berkaitan volume pengerjaan untuk setiap bangunan ini. Baru kemudian mengalikan harga satuan dengan volume hingga mendapatkan hasil yang tetap.

Contohnya jika ingin melakukan pemasangan ubin berkisar 40 m maka kalikan harga 1 ubin misalnya 50.000. Jika total tersebut dikalikan 50 berarti 2 juta rupiah. Begitu juga untuk berbagai jenis material lain yang dipakai dalam pembuatan rumah.

Jadi itulah berbagai bahasan singkat terkait cara menghitung rencana anggaran biaya rumah. Dengan mengetahui semua gambaran ini pastinya pemilik dapat memperkirakan total biaya yang perlu dipersiapkan. Sehingga tidak akan terjadi mengenai kerugian atau kekurangan dana.

Karena semuanya telah diperhitungkan secara matang, terutama dalam pembelian alat-alat yang dibutuhkan. Berdasarkan bentuk hunian yang diinginkan serta hal lain yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah. Maka untuk itu semuanya jadi lebih mudah dan dapat terealisasi lebih cepat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *