Penyebab Koneksi Wifi Sering Putus Windows 10

Penyebab Koneksi Wifi Sering Putus Windows 10

Koneksi Wifi Sering Putus Windows 10 – Internet bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan paling penting di jaman sekarang ini. Koneksi internet sendiri bisa digunakan untuk beragam hal, mulai dari untuk sarana bisnis, memudahkan aktivitas harian, mencari informasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jaringan internet sendiri bisa diakses melalui berbagai jenis perangkat, termasuk perangkat laptop. Anda bisa memanfaatkan jaringan wifi untuk dihubungkan ke laptop agar bisa mengakses internet. Ada kalanya jaringan wifi di laptop mengalami error khususnya di Windows 10, misalnya saja jaringan wifi yang seri putus nyambung. Lantas, apa yang menyebabkan koneksi wifi sering putus Windows 10 selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Koneksi Wifi Sering Putus Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Mengetahui apa saja yang menjadi penyebab sinyal wifi putus nyambung di PC atau laptop Windows 10, tentunya akan memudahkan kita untuk melakukan perbaikan. Adapun beberapa penyebab koneksi wifi sering putus Windows 10 selengkapnya, sebagai berikut:

1. Sinyal Wifi yang Lemah

Penyebab utama sinyal wifi putus nyambung di laptop Windows 10 yakni karena koneksi wifi yang lemah. Bisa karena jarak antara laptop atau PC yang terlalu jauh dengan router, perangkat terhalang tembok, router dekat dengan perangkat elektronik dan lain sebagainya.

Solusinya dekatkan perangkat laptop dengan router atau modem wifi. Pastikan tidak ada penghalang antara laptop atau PC dengan modem wifi, serta jauhkan perangkat modem dari perangkat elektronik lain. Baik itu, televisi, speaker, kulkas, radio dan lain sebagainya. Perangkat elektronik yang berdekatan dengan modem atau router ini diklaim dapat memperburuk kualitas sinyal wifi yang dipancarkan.

2. Banyak Perangkat yang Terhubung ke Jaringan Wifi

Jaringan wifi biasanya memiliki batas jumlah perangkat yang bisa terhubung ke jaringannya tersebut. Jika perangkat yang terhubung melebihi batas maksimal, hal ini tentunya akan membuat koneksi jaringan melemah. Dan tidak jarang beberapa perangkat akan dipaksa diputus sambungannya.

Misalnya saja jaringan wifi dengan kecepatan 10 Mbps, di mana jumlah perangkat yang terhubung tidak boleh lebih dari 10 perangkat. Agar lebih maksimal koneksi yang diberikan, batasi hanya 5-6 perangkat saja yang terhubung ke jaringan wifi tersebut.

3. Error pada Perangkat Laptop atau PC

Koneksi yang sering putus seperti ini juga bisa disebabkan karena adanya masalah error pada sistem Windows 10 yang digunakan. Bisa jadi karena banyaknya file sampah yang tersimpan, error jaringan akibat software bajakan atau abal-abal yang terpasang di Window, virus dan malware yang menyerang, kesalahan dalam konfigurasi jaringan di Windows dan lain sebagainya.

Pertama-tama cobalah untuk melakukan restart pada perangkat PC atau laptop Anda, kemudian hubungkan lagi ke jaringan wifi. Jika masih tetap, cobalah untuk melakukan recovery atau repair Windows 10 pada laptop tersebut.

4. Masalah Error pada Modem atau Router

Dan penyebab yang terakhir adalah karena adanya masalah error pada modem atau router yang digunakan. Untuk mengatasinya, coba dengan melakukan restart pada modem wifi tersebut. Caranya mematikan modem dengan menekan tombol On/Off, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol yang sama.

Jika masih tetap, cobalah untuk melakukan reset modem atau router. Caranya dengan menekan tombol Reset yang ada di bagian belakang bodi modem atau router. Atau hal lainnya bisa dikarenakan modem yang sudah tua sehingga harus diganti yang baru.

Itulah tadi beberapa penyebab koneksi wifi sering putus Windows 10 dan cara mengatasinya bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *