Pengertian Analisis Teknikal Saham dan Prinsip Dasar Yang Umum Digunakan

Pengertian Analisis Teknikal Saham dan Prinsip Dasar Yang Umum Digunakan

Sebagai seorang investor saham yang baik, penting untuk memahami indikator analisis teknikal saham. Baik itu pemula ataupun profesional, ini akan membantu Anda mengoptimalkan investasi dengan lebih baik. Analisis teknikal saham adalah metode untuk menilai kondisi pasar berdasarkan riwayat harga saham dan memberikan gambaran tentang arah pergerakan pasar di masa depan.

Berbeda dari analisis fundamental, analisis teknikal saham cocok untuk trading atau investasi cepat. Metode ini membantu seorang trader agar bisa memilih saham yang berpotensi menguntungkan dalam jangka pendek.


Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak, pada artikel ini akan dijelaskan pengertian analisis teknikal saham dan prinsip dasarnya. Pastikan membaca sampai selesai agar benar-benar memahaminya.

Pengertian Analisis Teknikal Saham

Analisis teknikal saham adalah metode yang digunakan untuk mengenali pola pergerakan harga di pasar saham berdasarkan riwayat selama periode waktu tertentu. Data yang menjadi acuan terdiri dari harga saham, volume transaksi dan kondisi pasar selama rentang waktu tertentu.
Dari data inilah kita bisa melihat tren atau pola harga yang terbentuk.Setelah berhasil menemukan pola pergerakan harga, para trader kemudian memakainya untuk mengambil keputusan jual atau beli.


Contohnya, ketika harga saham cenderung naik maka trader akan membeli saham tersebut. Disisi lain, analisis teknikal digunakan oleh investor untuk memilih waktu yang tepat kapan harus membeli saham dengan tujuan keuntungan jangka panjang.


Teknik analisis saham biasanya lebih banyak digunakan oleh trader daripada investor. Analisis ini membantu para trader memahami trend yang sedang berlangsung, melihat grafik harga saham, level dukungan dan resistensi, serta kapan waktu terbaik untuk menjual atau membeli dengan bantuan indikator.


Prinsip Dasar Analisis Teknik Saham yang Umum Digunakan

Dalam metode analisis teknikal saham, terdapat tiga prinsip utama yang biasa diterapkan. Prinsip-prinsip ini berfokus pada tren pergerakan harga saat ini, riwayat pergerakan harga sebelumnya dan bagaimana pasar sedang bergerak saat itu.

  1. Market Action Discounts Everything

Asumsi pertama yang umum digunakan dalam analisis teknikal saham adalah harga pasar saham dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari isu politik, hal-hal fundamental, bencana alam di suatu daerah atau bahkan faktor psikologis para pelaku pasar, semua tercermin dalam pergerakan pasar.

Dalam pandangan ini, harga yang kita lihat di pasar sebenarnya mencerminkan peristiwa terkini yang sedang terjadi. Dengan demikian, keputusan trading bisa diambil berdasarkan bagaimana harga pasar bergerak itu sendiri.

  1. Prices Move in Trend

Analisis teknikal saham yang tidak kalah populer dikalangan trader dan investor adalah berdasarkan asumsi bahwa adanya kecenderungan pergerakan harga secara signifikan di pasar.
Prinsip ini meyakini bahwa setiap pergerakan harga di pasar saham bukanlah sesuatu yang acak, tetapi mengikuti pola tertentu yang akan berlanjut hingga ada perubahan arah atau berhenti.


Tren tersebut bisa dalam bentuk naik, turun, atau mendatar (sideways). Dengan mengenali arah tren ini, setiap trader dan investor bisa membuat keputusan transaksi yang lebih tepat.

  1. History Repeats Itself

Asumsi ketiga tentang analisis teknikal saham adalah adanya pola yang berulang di pasar saham dari waktu ke waktu. Mereka meyakini bahwa pola yang pernah ada di masa lalu akan kembali terulang di masa sekarang. Pola tersebut dimanfaatkan sebagai indikator untuk mengambil keputusan.


Pasar dinilai selalu mengikuti siklus dan pola tertentu secara berulang dari waktu ke waktu. Prinsip yang digunakan adalah respon para pelaku pasar, trader dan investor terhadap kondisi pasar sekarang ini sama seperti respon mereka di masa yang sudah lewat.
Pola berulang inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk memprediksi arah pergerakan harga berdasarkan observasi atas harga pasar di masa lalu.


Demikianlah pembahasan ringkas mengenai pengertian analisis teknikal saham dan tiga prinsip dasar yang digunakan untuk memprediksi pergerakan harga di pasar. Semoga Anda sekarang lebih paham setelah selesai membaca uraian diatas.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *