Ini Dia Deretan Manfaat Pendidikan Formal vs Informal

Pendidikan adalah salah satu pilar utama yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya. Selama menjalani proses belajar, ada dua jenis pendidikan yaitu formal dan informal. Keduanya memiliki manfaat yang berbeda-beda, dan ketika digabungkan bisa memberi dampak yang lebih baik. Apakah Anda sudah paham dengan manfaat pendidikan formal vs informal?

Sejak kecil kita semua sudah diperkenalkan dengan pendidikan untuk mengenal lebih banyak pengetahuan. Mulai dari keterampilan akademis sampai sosial, semua itu melalui proses pendidikan.

Manfaat pendidikan formal vs informal ketika digabungkan sangat luar biasa. Ia akan memberi wawasan, keterampilan, dan potensi yang lebih mendalam bagi seseorang.

Pengertian Pendidikan Formal

Pendidikan formal adalah proses pembelajaran yang terstruktur dan berjenjang dalam lingkup lembaga pendidikan, seperti sekolah dan universitas. Proses belajar berlangsung dengan mengikuti kriteria dan persyaratan yang sudah diatur oleh pemerintah.

Jalur pendidikan formal terdiri dari berbagai macam tahap, mulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Ada dua macam pendidikan formal, yaitu institusi pendidikan negeri dan swasta.

Di Indonesia, masyarakat wajib mengenyam pendidikan formal di institusi yang diakui oleh pemerintah. Setiap individu harus mengikuti pendidikan formal minimal selama 9 tahun, mulai dari SD sampai menyelesaikan jenjang SMP.

Kewajiban ini berlaku untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak biasa sampai golongan elite.

Pengertian Pendidikan Informal

Pendidikan informal adalah proses pembelajaran yang terjadi di luar lingkungan sekolah. Ini bisa berupa belajar mandiri, diskusi dengan teman, pengalaman sehari-hari atau mengikuti pelatihan praktis.

Manfaat utama dari pendidikan informal adalah kemampuannya untuk memperluas wawasan di berbagai bidang tanpa terbatas pada kurikulum tertentu.

Manfaat Pendidikan Formal vs Informal

Setiap jenis pendidikan memberi pengalaman tersendiri bagi para peserta didik. Tentu ada kelebihan yang ditawarkan oleh pendidikan formal namun tidak dimiliki pendidikan informal, begitupun sebaliknya.

Manfaat Pendidikan Formal

Ketika Anda mengikuti pendidikan di sekolah, maka akan ada beberapa keuntungan sebagai berikut:

1. Melatih Kedisiplinan

Pendidikan formal mengharuskan peserta didik untuk datang dan pulang sekolah di waktu yang sudah ditetapkan. Ini bisa membantu mereka membentuk kedisiplinan.

Selain itu, pembelajaran teratur di sekolah juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan fisik peserta didik.

2. Mengembangkan Kemampuan Akademis

Kemampuan akademis terdiri dari banyak hal, seperti menghafal, analisis, pemecahan masalah dan logika. Orang yang baik dalam kemampuan ini cenderung lebih mahir menyelesaikan masalah dan meraih kehidupan yang lebih baik di masa depan.

3. Melatih Tanggung Jawab

Di sekolah, siswa belajar tentang tanggung jawab yang mereka miliki. Seperti tugas piket untuk menjaga kebersihan ruang kelas dan mengerjakan tugas dari guru.

4. Mengembangkan Jiwa Sosial

Sekolah membantu mengembangkan kemampuan sosial siswa dan memperluas lingkaran pertemanan melalui interaksi di lingkungan sekolah.

Manfaat Pendidikan Informal

Pendidikan informal memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mengembangkan kemampuan sesuai minat mereka. Selengkapnya sebagai berikut:

1. Mengembangkan Kemampuan Kognitif

Kemampuan berpikir adalah salah satu hal penting untuk setiap anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Pendidikan informal bisa membantu anak mempelajari sesuai minatnya, sekaligus merangsang kemampuan berpikir.

2. Meningkatkan Perkembangan Diri

Setiap orangtua berharap agar anak-anak mereka tumbuh dengan baik dan pintar. Ini bisa dicapai dengan mendukung apa yang menjadi minatnya untuk mendukung perkembangan anak secara perlahan.

Pendidikan informal memiliki peran penting dalam membantu perkembangan anak. Mereka bisa mengasah kemampuan diri yang tidak diajarkan di sekolah.

3. Mengoptimalkan Kemampuan berdasarkan Bakat

Pendidikan informal memiliki tujuan dan variasi yang beragam. Melalui pendekatan ini, anak-anak bisa belajar dari berbagai sumber dan menyesuaikan dengan minat mereka masing-masing.

Contohnya, dengan ikut dalam kelompok belajar, les private atau sanggar, anak-anak bisa mendapatkan keterampilan yang lebih baik. Ini tentu akan meningkatkan kualitas mereka di masa depan.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai manfaat pendidikan formal vs informal bagi perkembangan anak.

Keduanya sama-sama penting untuk menambah pengetahuan sekaligus upgrade skill agar bisa bersaing dilingkup pekerjaan di masa depan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *