cara menghitung dana pensiun

Ketahui Cara Menghitung Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

Uang pensiun sebenarnya adalah dana yang disiapkan untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan di hari tua. Namun, jika cara menghitung dana pensiun masih belum benar, maka perhitungan kedepan juga akan berantakan.

Adanya dana pensiun memang membuat perasaan lebih tenang karena ada uang cadangan di hari tua. Itulah kenapa banyak anak sekarang mencari kerja yang juga memberikan dana pensiun.

Dengan begitu, tidak usah pusing untuk memikirkan kebutuhan di hari tua. Jika menggunakan perhitungan yang benar, dana tersebut bisa lebih efektif.

Cara Perhitungan Dana Pensiun yang Benar

Sebenarnya, lebih baik mengumpulkan dana pensiun di umur yang muda dengan tujuan agar uang yang terkumpul bisa lebih banyak. Di umur yang muda juga, seseorang masih memiliki tenaga dan pikiran yang cukup kuat untuk bekerja.

Memperkirakan dana pensiun sebenarnya tidak susah dan tidak gampang karena terkadang ada hal yang tidak terduga. Cara menghitung dana pensiun yang benar adalah dengan melihat pengeluaran perbulan saat ini untuk dijadikan acuan.

Misalnya saja orang tersebut saat ini berusia 40 tahun dan memiliki rencana akan pensiun di usia 60 tahun. Dengan kata lain, orang tersebut masih memiliki 20 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun.

Biasanya, seseorang akan memperkirakan dirinya akan hidup hingga umur 75 tahun. Artinya, orang tersebut memiliki waktu 15 tahun setelah pensiun dan harus mempersiapkan dana setelah pensiun tersebut.

Jika pengeluaran perbulan saat ini adalah Rp. 3.000.000, maka pengeluaran per tahun diperkirakan sekitar Rp. 36.000.000. Kalikan jumlah tersebut dengan perkiraan hidup setelah pensiun yaitu 15 tahun.

Jika dihitung, Rp. 36.000.000 dikalikan 15 tahun adalah Rp. 540.000.000 itulah jumlah dana yang dipersiapkan.

Jika orang tersebut mempersiapkan dari usia 40 tahun maka masih memiliki waktu 20 tahun lagi. Rp. 540.000.000 : 20 = Rp. 27.000.000 dan itulah dana yang disisihkan per tahunnya untuk dana pensiun.

Itulah cara menghitung dana pensiun yang mudah dan bisa dicoba. Jika bisa, simpan dana tabungan dalam bentuk investasi.

Dengan begitu, keuntungan akan lebih cepat didapat dan Uang semakin banyak terkumpul. Usahakan juga untuk memilih investor yang tepat agar investasi menjadi lebih menguntungkan.

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun

Jika sudah mengetahui cara menghitung dana pensiun yang tepat, sekarang waktunya mencari cara untuk mengumpulkannya. Dibawah ini adalah beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengumpulkan dana pensiun

1. Mencari Pekerjaan Sampingan

Memang benar, mempunyai pekerjaan tetap akan mendapat gaji setiap bulannya. Namun untuk persiapan yang lebih matang, sebaiknya cari pekerjaan sampingan selagi usia masih muda.

Ada banyak pekerjaan sampingan yang pastinya menawarkan gaji tidak kecil. Gunakan kesempatan tersebut untuk mempercepat pengumpulan dana pensiun.

2. Hidup Hemat

Gaya hidup yang boros akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari. Apalagi jika sedang mempersiapkan dana pensiun sebaiknya kurangi membeli barang yang tidak perlu.

Kontrol dan lakukan pengecekan pengeluaran setiap bulan agar keuangan lebih tertata. Dengan begitu, uang pensiun bisa lebih mudah untuk diatur dan dikumpulkan.

3. Tidak Bergantung Dana Pensiun Kantor

Setiap kantor biasanya memberi jaminan dana pensiun bagi para pekerjanya. Namun sebaiknya jangan terlalu bergantung pada dana tersebut.

Dikhawatirkan dana tersebut nantinya juga masih belum cukup untuk hari tua. Untuk itu, sebaiknya cari dana kain untuk dijadikan tabungan agar lebih aman.

Itulah cara menghitung dana pensiun dengan benar dan juga tips untuk mengumpulkannya. Persiapkan dana pensiun sedari muda agar kehidupan hari tua tidak pusing dan memikirkan uang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *