Kenapa Shopee Tidak Bisa COD

Kenapa Shopee Tidak Bisa COD? Berikut Ini 4 Alasannya

Kenapa Shopee tidak bisa COD? pertanyaan ini tentu memiliki beberapa alasan tersendiri. COD yang beberapa tahun terakhir mulai diperkenalkan oleh marketplace seperti Shopee, berhasil menarik hati masyarakat di Indonesia. Namun sayang, terkadang ketika ingin check out barang dan bayar ditempat tidak muncul pilihan ini. Jangan khawatir, karena Anda bisa menyimak pembahasan berikut.

Shopee adalah marketplace dengan berbagai macam pembayaran sesuai keinginan pengguna. Mulai dari kartu debit, transfer bank, ShopeePay, pembayaran minimarket dan bahkan COD. Dari semua pilihan metode pembayaran yang tersedia, COD menjadi favorit sebagian besar orang.

Lantas, kenapa Shopee tidak bisa COD? Dibawah ini adalah beberapa alasannya.

Beberapa Alasan Kenapa Shopee Tidak Bisa COD

1. Fitur COD Sengaja Tidak Diaktifkan Seller

Shopee memberikan kebebasan kepada para penjual untuk menentukan metode pembayaran apa saja yang diterima oleh tokonya. Begitu pula dengan sistem COD, seller bisa mengatur sendiri apakah ingin mengaktifkannya atau tidak.

Oleh karena itu, alasan pertama mengapa Shopee tidak bisa COD adalah seller menonaktifkan metode pembayaran ini. Solusinya adalah mencari toko lain yang menjual produk serupa dan mendukung COD.

Untuk mengetahui toko mana saja yang mengaktifkan fitur COD di Shopee, maka bisa mengikuti tutorial dibawah ini:

Pertama, buka aplikasi Shopee dan cari barang yang hendak Anda beli di kolom pencarian.

Kemudian klik opsi Filter yang berada di pojok kanan atas.

Pilih COD atau Bayar di Tempat pada opsi Metode Pembayaran.

Setelah itu, klik opsi Pakai.

Tunggu sebentar, Shopee otomatis menampilkan seluruh toko yang mendukung pembayaran COD.

Anda tinggal memilih salah satu toko, lalu checkout barang seperti biasa dengan metode pembayaran COD.

Selesai.

2. Tidak Memenuhi Harga Minimal Produk yang Mendukung COD

Kenapa Shopee tidak bisa COD berikutnya disebabkan oleh harga barang berada dibawah ketentuan minimal. Sama seperti layanan yang lain, sistem Shopee COD memiliki beberapa ketentuan agar fitur ini bisa dipakai oleh pengguna.

Mengutip keterangan dari website resmi Shopee, fitur COD berlaku untuk pembelian produk dengan harga minimal Rp. 50 ribu dan maksimal Rp. 3 juta.

Apabila produk yang ingin Anda beli dibawah atau melebihi ketentuan harga tersebut, maka sudah pasti tidak bisa. Kalau untuk alasan satu ini Anda perlu mencari barang dengan harga yang memenuhi ketentuan dari Shopee.

3. Terkena Penalti COD

Selain mengatur harga minimum dan maksimum COD, pihak Shopee juga memberlakukan ketentuan pinalti kepada oknum nakal. Yaitu mereka yang terlalu sering membatalkan pesanan COD, maka kemungkinan besar terkena Penalti.

Jika sudah terkena Penalti, maka seorang pengguna tidak akan bisa memesan barang dengan metode pembayaran COD selama 30 hari kedepan.

Untuk alasan satu ini Anda harus bersabar menunggu, sampai masa penalti dari pihak Shopee selesai. Sesudah 30 hari berada di masa penalti, maka fitur COD bisa dipakai kembali.

4. Alamat Tujuan Tidak Terjangkau

Alasan terakhir kenapa Shopee tidak bisa COD adalah alamat Anda terlalu jauh dari toko tempat membeli barang. Sistem Shopee COD umumnya hanya menjangkau beberapa kota besar di Indonesia, sehingga cukup wajar apabila sebagian daerah tidak terjangkau.

Kalau begitu, solusinya adalah harus mencari toko lain yang lokasinya lebih dekat dengan alamat Anda. Kemungkinan nanti fitur COD bisa dipakai untuk pembelian barang.

Demikianlah pembahasan mengenai empat alasan kenapa Shopee tidak bisa COD yang umum terjadi. Apabila Anda sering mendapati masalah gagal COD, berarti salah satu penyebabnya adalah poin-poin diatas.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *