Rekomendasi 5 Investasi Tabungan Berkualitas Yang Menguntungkan dan Aman

Tabungan investasi adalah cara yang cerdas untuk memanfaatkan uang Anda lebih dari sekadar menyimpannya di rekening bank. Sekarang ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai metode untuk mengoptimalkan potensi pertumbuhan kekayaan mereka. Sebagai orang awam, Anda mungkin masih lumayan asing dengan istilah investasi tabungan berkualitas.

Tabungan investasi adalah konsep yang menggabungkan tabungan tradisional dengan investasi dalam instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, reksa dana, atau properti. Anda bisa mendapatkan keuntungan untuk jangka panjang yang lebih baik.

Investasi tabungan berkualitas adalah langkah cerdas menuju mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti pensiun yang nyaman, pendidikan anak, atau kepemilikan rumah.

Agar lebih paham, mari disimak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut.

Apa itu Tabungan Investasi?

 

Tabungan investasi adalah kegiatan menyimpan uang yang dikhususkan untuk berinvestasi. Sebelum memulai investasi, Anda perlu membuka rekening tabungan khusus terlebih dahulu.

Setelah rekening dibuat, tugas Anda adalah mengumpulkan dana. Dana yang Anda simpan di rekening ini kemudian digunakan untuk membeli berbagai jenis instrumen investasi sesuai pilihan.

Tabungan investasi adalah pendekatan yang lebih proaktif terhadap keuangan pribadi. Alih-alih hanya menyimpan uang di bank, Anda juga berinvestasi dalam instrumen keuangan yang memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi daripada suku bunga tabungan biasa.

Rekomendasi Investasi Tabungan Berkualitas yang Menguntungkan

 

Dari sekian banyak instrumen yang bisa Anda pilih, dibawah ini adalah beberapa jenis investasi tabungan berkualitas dengan imbal balik lebih menjanjikan. Yaitu sebagai berikut:

1. Emas

Emas adalah pilihan tabungan investasi yang menarik, terutama jika Anda memiliki modal terbatas. Bahkan dengan modal sekecil 0,01 gram, Anda sudah bisa memulai investasi emas.

Sebagai contoh, jika harga emas saat ini adalah Rp. 950 ribu per gram, cukup dengan uang Rp. 9.500, Anda sudah bisa memiliki sebagian kecil investasi emas.

Selain itu, emas adalah produk yang bisa menjaga nilai uang Anda dari inflasi. Sangat cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang, apalagi harga emas selalu naik dari tahun ke tahun.

2. Deposito

Deposito masih menjadi pilihan investasi tabungan yang populer dan diminati oleh masyarakat di Indonesia. Ini adalah jenis investasi yang aman dan memberikan keuntungan sekitar 6{fb83f8cc061069648caf043c9e67af68997e28e5b5c61268be101b8af575c54f} setiap tahun.

Ketika memilih deposito, maka uang yang Anda simpan akan bertambah sesuai bunga yang dijanjikan oleh pihak bank. Anda bisa memilih untuk menambahkan bunga ini ke rekening tabungan atau membiarkannya di deposito.

3. Obligasi

Bagi Anda yang sedang mencari investasi tabungan berkualitas dari segi pendapatan tetap dan stabil, maka obligasi bisa menjadi pilihan yang baik.

Obligasi adalah utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan. Nantinya, investor akan menerima bunga tetap dari investasi ini. Tingkat risiko dalam investasi obligasi tergolong rendah, jika dibandingkan saham.

4. Reksadana

Reksadana adalah salah satu pilihan yang bagus jika Anda ingin menabung sambil berinvestasi. Kelebihan pertamanya Anda bisa mulai dengan uang sedikit. Keuntungan yang Anda dapatkan tergantung pada bagaimana pasar berjalan dan jenis reksadana dipilih.

Jika Anda menginginkan keuntungan besar, maka bisa memilih reksadana saham. Namun, jika baru memula pilihan yang bagus adalah reksa dana pasar uang.

5. Rekening Efek

Rekening efek dibuat agar Anda bisa membeli produk reksa dana. Uang yang Anda setorkan nantinya digunakan untuk membeli saham reksa dana. Jenis investasi tabungan berkualitas ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang.

Jika Anda merasa sudah untung dan memutuskan untuk menjual saham reksa dana, maka uang tersebut akan masuk ke rekening efek terlebih dahulu sebelum bisa Anda transfer ke rekening pribadi.

Investasi tabungan adalah langkah cerdas untuk mengoptimalkan potensi pertumbuhan uang Anda. Dengan memadukan upaya menabung dan berinvestasi ke dalam instrumen keuangan, Anda bisa meraih tujuan keuangan jangka panjang yang lebih efektif.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *