cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros

Inilah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros dengan Mudah

Setelah berumah tangga, harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan juga tidak boros, tetapi mengatur keuangan bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan mudah. Namun, tenang saja karena ada cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dapat mudah dilakukan.

Tetunya jika dapat mengatur keuangan dengan baik, maka keuangan rumah tangga pun akan bisa tertata dengan rapi. Sehingga, semua kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, akan lebih hemat juga.

Di sini akan diberikan cara mengatur keuangan rumah tangga yang cukup praktis dan tidak akan boros. Yuk, perhatikan uraian lengkapnya di bawah ini:

1. Menghitung Semua Pemasukan

Untuk cara yang pertama yaitu dengan menghitung semua pemasukan. Jika suami istri tersebut bekerja semua, maka hitung semua pemasukannya. Bedakan antara pemasukan istri dan juga suami. Jangan sampai dicampur menjadi satu.

Kemudian, jika ada bisnis lain di luar pekerjaan maka harus dihitung pula. Hitunglah dengan baik dan juga rinci. Kuncinya adalah suami istri harus saling terbuka dengan pemasukan masing-masing. Supaya, keuangan bisa diatur dengan mudah.

2. Membuat Anggaran

Tips yang kedua adalah dengan membuat sebuah anggaran, karena, dengan membuat anggaran semua pengeluaran akan berjalan dengan baik. Bahkan, akan lebih irit dan juga tidak boros.

Buatlah anggaran belanja yang tepat dan juga sesuai dengan kebutuhan. Pastikan anggaran yang dibuat sesuai dengan pemasukan yang ada. Jangan sampai anggaran tersebut melebihi pemasukan. Bahkan, jika bila harus mempunyai uang sisa.

3. Catat Semua Pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yaitu mulailah mencatat dengan teliti semua pengeluaran. Hal ini bisa dilakukan di setiap harinya, agar bisa melihat apa saja pengeluaran di hari itu.

Dengan mencatat semua pengeluaran yang ada, akan membuat suami istri mengerti bagian pengeluaran mana yang tidak penting. Sehingga, bisa dijadikan bahan evaluasi bahwa pengeluaran tersebut tidak boleh dilakukan lagi di hari berikutnya.

4. Tentukan Prioritas

Untuk yang berikutnya yaitu harus bisa menentukan prioritas. Yap, suami istri harus bisa menentukan prioritas kebutuhan rumah tangga. Apabila penghasilan yang dimiliki masih pas-pasan, maka harus membuat sebuah prioritas.

Sebaiknya, gunakan penghasilan yang ada untuk membeli kebutuhan yang primer. Jangan sampai membeli kebutuhan yang tidak penting, lalu melupakan kebutuhan yang utama. Saat pertama gajian, lebih baik langsung dialokasikan untuk membeli kebutuhan primer tersebut.

5. Sisihkan Dana Darurat

Dalam mengatur keuangan rumah tangga, bisa juga dengan membuat sebuah dana darurat. Meskipun terlihat sederhana, namun hal ini penting untuk dilakukan. Banyak suami istri yang tidak melakukan hal ini. Padahal, sangat bermanfaat untuk kedepannya.

Jika ada sisa uang harian, maka bisa langsung disisihkan untuk dana darurat. Hal tersebut bisa dilakukan rutin di setiap harinya. Nantinya bisa digunakan untuk keadaan darurat. Jadi, tidak perlu pusing lagi mencari uang tambahan tersebut.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dan dapat dilakukan oleh suami istri. Memang, mengatur keuangan rumah tangga tak semudah yang dibayangkan. Sebagai pasangan, harus bisa bekerja sama dalam mengatur keuangan dengan baik.

Banyak sekali pasangan suami istri yang tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Alhasil, di setiap bulannya selalu kekurangan uang. Sehingga, terpaksa harus meminjam uang ke pihak lain. Tentunya hal tersebut akan membuat keuangan rumah tangga menjadi berantakan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *