Hosting Cloud VS Shared Hosting, Mana Yang Lebih Baik? Simak Penjelasannya Ini

Hosting cloud vs shared hosting adalah topik yang seringkali membuat para pemula merasa bingung. Mereka ragu untuk memilih salah satu karena khawatir salah pilih dan tidak sesuai kebutuhan. Bisa jadi spesifikasinya melebihi kebutuhan sehingga terlalu mahal, atau spesifikasinya ternyata terlalu kecil.

Ketika berkunjung ke penyedia layanan web hosting, kita dihadapkan pada beberapa pilihan. Hal ini bukan masalah apabila kita sudah berpengalaman.

Namun, sebagai orang awam pasti bingung jika dihadapkan dengan pilihan hosting cloud vs shared hosting. Tanpa panjang lebar, mari disimak pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah jenis hosting yang paling murah karena membagi satu server fisik menjadi banyak hosting. Ini cocok untuk pemula dengan situs web yang tidak memerlukan sumber daya besar seperti penyimpanan, RAM atau bandwidth besar.

Ketika berlangganan shared hosting, Anda tidak perlu pengetahuan teknis tinggi karena server dikelola oleh penyedia layanan. Namun, shared hosting memiliki batasan pada sumber daya server, sehingga tidak cocok untuk situs dengan banyak data atau traffic tinggi.

Anda berbagi server dengan pengguna lain dan satu pengguna bisa memiliki beberapa situs web. Akibatnya, kinerja situs Anda bisa saja dipengaruhi oleh aktivitas pengguna lain di server yang sama.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan di mana data situs web diletakkan di beberapa server, begitupun resource yang dimiliki. Ini membuat website pengguna jarang mengalami gangguan karena jika satu server bermasalah, situs otomatis dipindahkan ke server lain.

Selain jarang mengalami down, cloud hosting juga memungkinkan website pengguna menangani banyak pengunjung.

Anda bisa menambah server sesuai kebutuhan situs yang membuatnya sangat fleksibel. Seperti shared hosting, manajemen server ditangani langsung oleh penyedia layanan.

Meskipun lebih mahal daripada shared hosting, biaya cloud hosting masih tergolong terjangkau.

Hosting Cloud vs Shared Hosting

Ada beberapa hal yang menjadi pembeda antara cloud hosting dan shared hosting. Parameter ini bisa menjadi pertimbangan untuk memilih salah satunya.

 

Performa dan Kapasitas Penyimpanan

Server shared hosting sebenarnya memiliki sumber daya besar, namun kapasitas penyimpanan, RAM, dan bandwidth dibagi menjadi beberapa pengguna. Sehingga, sumber daya menjadi terbatas.

Keterbatasan resource dan beban dari pengguna lain bisa membuat situs Anda ikut melambat. Oleh karena itu, shared hosting tidak cocok untuk perusahaan atau toko online.

Cloud hosting memiliki kapasitas khusus untuk situs web Anda. Data disimpan di beberapa server dengan sumber daya yang sama. Ini membuat situs jarang mengalami gangguan.

Skalabilitas

Shared hosting menawarkan RAM, bandwidth dan penyimpanan yang terbatas. Anda tak bisa menambah server tambahan di shared hosting, sehingga hanya cocok untuk website kecil dengan pengunjung sedikit.

Disisi lain, cloud hosting lebih fleksibel. Anda bisa memilih berapa server baru apabila dibutuhkan.

Ketika website Anda tumbuh dan mulai populer, tentu ini membutuhkan lebih banyak resource. Skalabilitas cloud hosting lebih fleksibel.

Keamanan

Keamanan adalah hal penting dalam memilih layanan web hosting, terutama jika situs Anda menyimpan data dan transaksi pengguna.

Pada dasarnya, pengguna perlu menambahkan fitur keamanan sendiri, tetapi banyak penyedia hosting yang menyediakannya secara gratis.

Salah satu contohnya menyediakan fitur imunify360 dan sertifikat SSL gratis dalam layanan shared dan cloud hosting. Ini melindungi pertukaran data di internet.

Kemudahan Penggunaan

Tidak semua orang paham dan mengerti cara kerja layanan web hosting. Tapi jangan khawatir, baik itu cloud hosting ataupun shared hosting keduanya mudah dipelajari dan digunakan. Penyedia layanan yang akan mengatur servernya.

Harga Layanan

Shared hosting bisa Anda beli dengan harga lebih murah, mulai dari Rp. 20 ribuan per bulan. Sementara itu, cloud hosting biasa ditawarkan dengan harga mulai Rp. 150 ribuan per bulan.

Pemilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan masing-masing. Jika Anda menginginkan fleksibilitas dan kinerja yang lebih baik, maka cloud hosting bisa menjadi pilihan yang baik.

Namun, jika Anda memiliki anggaran terbatas, shared hosting mungkin menjadi opsi yang lebih sesuai.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *