cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar Secara Konsisten

Pelajar memang harus mengalokasikan banyak waktunya untuk pendidikan. Meski demikian, sebenarnya pelajar juga bisa menabung 3 juta penuh. Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar bukan tahapan yang sulit.

Ada beberapa cara untuk menabung sebanyak nominal tersebut secara cepat. Sebagai bahan acuan, dalam artikel ini akan diberikan penjabaran setidaknya untuk lima cara. Jika ingin tahu apa saja caranya, simak detail penjelasan berikut ini:

1. Menabung dari Uang Saku

Untuk cara paling dasar yang bisa dilakukan adalah dengan menabung dari uang saku. Biasanya, orang tua akan menggelontorkan uang saku kepada pelajar dengan jumlah tertentu. Agar bisa menabung, maka jangan habiskan uang saku ini.

Uang saku setiap pelajar tentu tidak selalu besar. Berdasarkan uang saku yang dimiliki, tentukan berapa besar yang akan ditabung agar sampai 3 juta. Pelajar bisa memilih untuk menggabungkan semua uang saku atau sebagian saja.

Proses menabung ini harus konsisten setiap hari. Jangan sampai tergoda untuk membeli sesuatu dan akhirnya tidak menabung. Jika hal ini dibiarkan, maka akan ada waktu lainnya pelajar tidak menabung lagi sehingga 3 juta tidak terkumpul.

2. Berhemat

Pelajar juga harus berhemat agar uang yang dikumpulkan bisa tetap utuh. Jangan terpancing untuk membeli makanan atau barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Keinginan harus benar-benar dikontrol agar tidak mempengaruhi pikiran.

Sebagai salah satu metodenya, sangat disarankan untuk membawa bekal. Jadi saat istirahat, pelajar tidak perlu jajan di kantin dan hanya perlu memakan bekal yang dibawa. Jika hal ini dilakukan konsisten, maka pengeluaran akan berkurang.

Apabila memiliki kebiasaan bermain bersama teman di akhir pekan, maka coba untuk menguranginya. Ganti saja kegiatan ini di rumah dan tidak perlu singgah ke tempat-tempat tidak penting yang membutuhkan biaya besar.

3. Kerja Sampingan

Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar lainnya yaitu kerja sampingan. Kegiatan ini sangat disarankan jika perhitungan uang saku terkumpul tidak bisa mencapai 3 juta dalam satu bulan penuh.

Saat ini sudah ada banyak jenis kerja sampingan yang bisa dijalankan pelajar. Misal menjadi reseller, dropshipper, menjadi penulis, guru les, driver ojek online, dan jenis yang lainnya. Pelajar bisa memilih sesuai skillnya.

Selain itu, pelajar yang memiliki jika usaha tinggi juga bisa membuka usaha kecil-kecilan. Misalnya membuat camilan kemudian titipkan di kantin. Proses ini tidak memerlukan waktu penjualan terlalu lama dan akan lebih efektif.

Baca Juga : Cara Menabung uang jajan 2000 untuk beli HP Baru Bagi Pelajar

4. Catat Rincian Keuangan

Jangan lupa untuk mencatat semua detail pengeluaran dan susunan pemasukan yang didapat. Proses ini penting untuk dilakukan sebagai acuan menabung yang akurat. Keuntungan dari mencatat lainnya adalah bisa membuat batasan untuk diri sendiri.

Misal ada satu hari tidak menabung karena kebutuhan penting, maka catat secara jelas nominalnya. Nantinya di hari lain, pelajar bisa mengganti kekurangan tersebut dengan berbagai cara. Jadi uang yang terkumpul akan tetap sesuai perhitungan.

5. Buat Tabungan di Bank

Jika takut uang yang dikumpulkan berkurang sebelum 3 juta, maka akan lebih baik membuat tabungan di bank. Dengan menabung di bank, maka pelajar tidak akan mudah memakainya dan hal ini bisa membuat konsistensi tetap terjaga.

Semua cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar itu bisa langsung diaplikasikan. Untuk mewujudkannya, diperlukan kerja keras serta konsistensi yang besar agar uang 3 juta tidak berkurang sampai benar-benar terkumpul.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *