Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta melalui 6 Langkah Mudah

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta melalui 6 Langkah Mudah

Hampir rata-rata besaran gaji 2 juta tidak cukup memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam jangkauan sebulan. Padahal terdapat cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta tanpa kesulitan dalam penerapannya.

Untuk mengetahui bagaimana cara manajemen keuangan rumah tangga dari jumlah pemasukan tersebut, silahkan perhatikan langkah-langkah berikut. Di samping itu, akan ada pula uraian mengapa gaji cepat habis dalam waktu singkat.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

Setidaknya diketahui 6 langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh masing-masing pekerja untuk memanajemen pemasukan dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga. Lebih jelasnya simak dengan teliti langkahnya:

  • Buat prioritas pengeluaran. Langkah pertama buat prioritas utama dari pengeluaran kebutuhan khususnya kebutuhan yang sifatnya pokok. Seperti pemenuhan makanan, transportasi, listrik dan air, perlengkapan mandi, pendidikan, dan kesehatan.
  • Tentukan metode alokasi gaji. Langkah selanjutnya tentukan ingin menggunakan metode alokasi gaji yang sesuai dengan gaji 2 juta tadi. Alternatif yang dapat dicoba metode 50/30/20, dimana masing-masing kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan tabungan.
  • Catat pengeluaran. Setelah membuat prioritas utama dan menentukan metode alokasi gaji, siapkan buku atau aplikasi di smartphone (lebih praktis) untuk mencatat pengeluaran. Pastikan catatan berisi setiap pengeluaran dari gaji yang dimiliki.
  • Belanja barang dengan cermat. Langkah keempat saat berbelanja cari lalu pilih barang yang dirasa perlu dalam memenuhi kebutuhan. Sebaiknya jangan membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan karena hanya akan membuat pengeluaran tidak jelas kemana.
  • Pilih rumah sebagai pengisi waktu libur. Alasan gaji 2 juta yang terbilang cukup kecil kurang memungkinkan digunakan untuk jalan-jalan ke luar kota. Alternatifnya bisa memanfaatkan hunian pribadi dalam mengisi waktu libur (me time) apakah menonton atau menggeluti hobi.
  • dan Pilih metode tabungan. Langkah terakhir tentukan metode tabungan apakah itu berupa menyimpan lewat celengan, bank atau instrumen investasi. Bagi yang ingin menggunakan instrumen investasi sebaiknya memilih instrumen dengan risiko rendah.

Dari 6 langkah-langkah tersebut, tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga. Namun alasan perbedaan kebutuhan masing-masing pekerja, langkah-langkah dapat diatur sedemikian rupa.

Kesalahan dalam Manajemen Rumah Tangga dari Segi Keuangan

Walau cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta sudah dijabarkan, rasanya kesalahan manajemen keuangan juga penting untuk dibahas. Siapa tau dapat mencegah pengeluaran yang diluar perkiraan.

1. Sepele dengan Jumlah Pengeluaran

Kesalahan pertama merupakan yang paling sering, dimana ketidakcermatan dalam memilih barang belanjaan tanpa disadari menyebabkan pengeluaran menjadi hilang kendali. Akibatnya gaji yang didapatkan bisa cepat habis hanyalah dalam beberapa hari setelah pembayaran atau pemasukan.

2. Tidak Ada Prioritas

Kesalahan kedua terkait dengan tidak adanya prioritas utama sehingga bisa membuat pemasukan tidak dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga. Tentunya ini bisa membingungkan pekerja mencari dana untuk mencukupi perlengkapan rumah tangga.

3. Gemar Meminjam Uang

Kesalahan yang ketiga adalah memiliki hobi meminjam uang baik kepada saudara, teman, atau bahkan bank. Dengan sering meminjam uang manajemen keuangan yang seharusnya bisa terukur baik tidak dapat sesuai target pengukuran.

4. Instrumen Investasi yang Tidak Tepat

Kesalahan terakhir, ditujukan bagi pemilih instrumen investasi sebagai alternatif tabungan. Disini sangat perlu pemilihan instrumen yang tepat. Tujuannya agar saat melakukan investasi dana pribadi tidak mengalami kerugian yang bersifat kecil dan besar.

Jadi, itulah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta melalui 6 langkah-langkah yang mudah diikuti. Mengingat kebutuhan rumah tangga hanya diri sendiri yang tahu maka hindarilah pengeluaran berlebihan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *