7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros Yang Efektif

7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros Yang Efekti

Mengelola keuangan pribadi adalah langkah penting untuk mencapai stabilitas finansial jangka panjang. Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, Anda bisa menghindari perilaku boros dan membangun kebiasaan yang lebih peduli terhadap uang. Jika sampai sekarang Anda masih belum bisa menabung, maka bisa menyimak penjelasan tentang cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros berikut.

Kita tahu bahwa setiap orang memiliki pengeluaran yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan mereka sehari-hari. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat bahwa kebutuhan dari waktu ke waktu semakin kompleks.

Terlebih ketika usia sudah dewasa, maka harus pandai mengelola uang. Cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros bisa disimak selengkapnya pada penjelasan dibawah.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

 

Apakah Anda merasa terlalu boros dalam membelanjakan uang? Kalau begitu, harus mencoba beberapa tips ini.

1. Membuat Anggaran Bulanan

Langkah pertama adalah membuat anggaran bulanan yang rinci. Catat semua pendapatan dan pengeluaran Anda. Ini akan membantu Anda memahami dengan lebih baik seberapa banyak uang yang masuk dan keluar setiap bulan.

Agar tidak boros, cobalah untuk membuat alokasi gaji sesuai tujuan keuangan dan kondisi keuangan masing-masing. Ada yang menggunakan pola 50:30:20, 40:30:20:10 atau 40:30:10:10:10.

2. Membuat Daftar Belanja

Buatlah daftar belanja sebelum pergi berbelanja dan tetap berpegang pada daftar tersebut. Hindari menambah barang saat belanja yang tidak direncanakan karena bisa menyebabkan pemborosan.

3. Memahami Kebutuhan dan Keinginan

Untuk mengendalikan keuangan setiap bulannya, penting bagi Anda untuk memahami mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan seperti makanan, tempat tinggal dan transportasi.

Jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi, barulah Anda boleh mempertimbangkan untuk hiburan atau barang keinginan.

4. Menghindari Hutang

Kita hidup di zaman serba mudah dan cepat, termasuk berhutang. Toko online di Indonesia sekarang ini banyak yang menawarkan fitur paylater kepada pengguna. Inilah godaan utama bagi generasi muda, mereka bisa berhutang dengan instant.

Belum lagi aplikasi pinjol yang semakin banyak jumlahnya. Segala bentuk pinjaman ini memang manis di awal, namun pada akhirnya mencekik keuangan.

Hutang bisa mengganggu keuangan Anda dalam jangka panjang. Hindari utang yang tidak perlu, apalagi hanya untuk kebutuhan sekunder seperti membeli hp baru, headset kekinian dan lain sebagainya.

Jika memang Anda perlu berhutang, pastikan untuk mengelola dan membayar utang secara bijak. Hindari pinjol karena itu akan membebani keuangan Anda untuk melunasi.

5. Jangan Sungkan untuk Membeli Promo

Promo dan penawaran khusus sekarang ini banyak dibagikan oleh marketplace, ojek online, sampai tempat makan. Anda bisa memanfaatkan promo tersebut untuk menghemat pengeluaran. Jangan malu membeli sesuatu ketika ada promo menarik.

Cari diskon, promo, atau penawaran khusus saat berbelanja. Ini bisa membantu Anda menghemat sejumlah uang dalam jangka panjang.

6. Beli Barang dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros berikutnya adalah membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus, daripada membeli sedikit demi sedikit. Biasanya ada potongan harga khusus ketika Anda membeli dengan jumlah tertentu.

7. Mulai Menabung

Menabung seringkali menjadi masalah utama bagi sebagian orang, karena merasa gaji pas-pasan dan hanya lewat di rekening. Kalau memang uang seringkali habis untuk memenuhi kebutuhan, fokus pertama Anda bukan mengumpulkan uang dalam jumlah besar.

Namun, bagaimana caranya memiliki kebiasaan menabung. Sekecil apapun nominalnya, setidaknya Anda belajar dahulu menabung secara konsisten. Barulah nanti kalau sudah ada sisa gaji, Anda bisa membuat rencana tabungan dengan nominal yang besar.

Demikianlah pembahasan mengenai tujuh cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang berupaya memiliki kondisi finansial yang stabil.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *