cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil Agar Cukup

Jangan berkecil hati dengan gaji kecil, dengan mengatur keuangan yang baik gaji tersebut mampu memenuhi kebutuhan. Apalagi cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil mudah dilakukan. Berikut ulasannya:

1. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Untuk mengatur keuangan pribadi dengan mudah adalah diawali dengan membedakan mana saja hal yang perlu untuk dibeli dan mana yang cuma sekedar keinginan. Maksudnya adalah sebisa mungkin mencatat mana pembelian yang tidak diperlukan.

Contoh kebutuhan yang diperlukan adalah hal-hal pokok seperti makan, minum, serta transportasi. Sedangkan untuk keinginan adalah benda-benda yang dibeli untuk menunjang gaya hidup dan bukan untuk produktivitas.

Milenial sekarang seringkali menghamburkan uangnya untuk hal yang tidak perlu. Padahal penghasilannya belum seberapa, jadi tidak salah jika beberapa kabar menyebutkan anak muda akan kesulitan membeli rumah karena gaya hidupnya tadi.

2. Buat Perencanaan

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil lainnya bisa coba dengan membuat rencana keuangan. Hal ini sederhana untuk dilakukan dengan langkah awal menyusun daftar pengeluaran apa saja yang dilakukan setiap bulannya secara rutin.

Awali dengan menyusun daftar apa saja yang rutin dibeli setiap bulannya dan apa saja biaya yang dikeluarkan. Selain itu tulis juga jumlah pendapatan dan dari mana saja yang didapat dengan bertujuan bisa melihat seberapa pemasukan dibanding dengan pengeluaran.

Rencana ini sangat diperlukan guna dijadikan acuan jika menginginkan

3. Mencatat Pengeluaran

Langkah selanjutnya dalam melakukan pengaturan pada keuangan pribadi yang gajinya sedikit adalah dengan sebisa mungkin mencatat pengeluaran. Hal ini bisa jadi sesuatu yang sepele namun akan bermanfaat di masa yang akan datang.

Lakukan pencatatan ini dan periksa setiap kali ada waktu senggang untuk melihat seberapa banyak pengeluaran bulanan. Pilah-pilah mana yang sifatnya penting dan juga mana yang sifatnya kurang perlu agar di waktu selanjutnya tidak terjadi lagi pengeluaran tersebut.

Hal ini juga bisa mempermudah seseorang dalam membuat anggaran bulanan. Jika pengeluaran membengkak maka seseorang tahu hal apa saja yang tidak perlu untuk dikeluarkan biayanya.

4. Siapkan Dana Darurat

Hidup tidak selalu berjalan mulus seindah apa yang diharapkan. Kadang juga kehidupan bisa memberikan kejutan yang tidak terduga baik itu buruk maupun baik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebagai orang yang bijak hendaklah menyisihkan sedikit dana untuk dana darurat. Fungsinya adalah untuk menjamin keamanan dana jika waktu-waktu ada kejadian yang tak terduga tetapi masih bisa memegang uang.

Pastinya akan ada banyak hal yang harus dikeluarkan dananya, namun menyisihkan sedikit setiap bulan pasti bisa dilakukan.

5. Investasi

Menabung memanglah pilihan yang tepat untuk menyimpan uang. Tetapi menabung di tengah kondisi ekonomi yang rawan dengan inflasi bukanlah hal yang bijak. Cobalah untuk sedikit masuk ke ranah investasi agar bisa menambah uang meski sedikit.

Berbeda dengan tabungan yang cuma disimpan dan nilainya tidak bertambah, investasi bisa memberikan sedikit manfaat. Uang tabungan memang bisa bertambah, tapi belum bisa dimaksud sebagai bertumbuh karena nilainya yang berkurang seiring waktu.

Malah uang yang disimpan dalam jangka waktu lama di bank bisa berkurang nilainya. Ini karena akan ada dikenai biaya pajak serta administrasi dari bank terkait.

Itulah sedikit cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang bisa bermanfaat. Semoga dengan sedikit kesabaran dan ketekunan dalam mengelola keuangan dapat menjadi suatu langkah atau awal yang baik menuju kesuksesan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *