cara menabung uang jajan 2000 untuk beli hp

Cara Menabung uang jajan 2000 untuk beli HP Baru Bagi Pelajar

Sebagai pelajar tentu ingin sekali membeli HP baru namun tidak mau menyusahkan orang tua. Solusinya adalah dengan menabung, meski uang jajan sekedar cukup saja tapi tetap menyisihkan. Berikut akan ada cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP buat pelajar.

Kebiasaan menabung ini harus dimulai sedari dini agar punya banyak hal yang bisa dicapai. Bukan cuma untuk membeli barang saja, tetapi menabung bisa memberikan ketenangan karena punya uang simpanan.

1. Tentukan Tempat Menabung

Langkah awal dalam cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP adalah pastikan sudah ada tempat menabung. Tempat menabung ini penting untuk menyimpan uang yang dikumpulkan, pilih tempat teraman yang sulit diketahui siapapun.

Untuk permulaan karena uangnya masih sedikit bisa coba untuk simpan uang pada celengan. Kemudian jika sudah mulai terkumpul dalam jumlah yang lumayan banyak, bisa memutuskan untuk menggunakan tabungan bank atau memasukkannya ke dalam e-wallet agar lebih aman.

Kini ada banyak pilihan tabungan yang ramah untuk pelajar. E-wallet juga memberikan keamanan yang baik dengan teknologi yang lebih baru daripada bank konvensional.

2. Tentukan target HP yang Dibeli

Saat ingin membeli HP dengan menabung, tentukan juga HP jenis apa yang ingin dibeli. Tujuannya agar pelajar tau seberapa jumlah uang yang harus ditabung untuk membeli sebuah HP. Meski bisa dilakukan tanpa target namun akan terasa kurang memotivasi.

Melalui cara ini menabung akan lebih jelas apa yang ingin dicapai daripada belum menentukan pilihan apa yang ingin dibeli. HP akan jadi bermanfaat untuk berkomunikasi dan melakukan banyak hal seperti sekarang, Jadi pilih HP yang tidak sembarangan dengan spesifikasi yang mumpuni.

Bukan cuma sekedar kebutuhan tapi agar menabung tidak terasa sia-sia. Pelajar dan mahasiswa biasanya menggunakan HP untuk menunjang aktivitas mereka dan sedikit hiburan seperti menonton dan bermain game.

3. Sisihkan uang Jajan

Setiap menerima uang jajan atau uang pemberian dari siapa saja, jangan digunakan semua. Sisihkan sedikit saja walau 2000 untuk menyimpan atau menabung agar  HP bisa dapat tercapai dengan cepat.

Bisa dimulai dengan sederhana seperti memasukkannya dalam tabungan. Hal ini dilakukan untuk menghindari uang habis entah kemana untuk jajan atau hal yang tidak penting lainnya. Cara ini sangat mudah dan tidak terlalu membebani pelakunya jika dilakukan dengan konsisten.

4. Buat Tabel Tabungan

Agar semakin konsisten dan teratur tidak ada salahnya untuk melakukan pencatatan untuk setiap uang yang masuk. Hal ini agar menabung menjadi lebih terjadwal dan tahu berapa jumlah uang sudah ditabung serta terlihat berapa lama uang yang sudah dikumpulkan.

Dengan melihat tabel prosesnya seseorang bisa lebih menghargai uang untuk menabung agar tabel bisa terpenuhi. Bukan cuma memenuhi tabel, uang juga akan cepat terkumpul dan target bisa tercapai dengan waktu yang ditentukan.

5. Simpan Uang Receh

Supaya yang juga tetap terkumpul maka setiap uang yang didapatkan juga harus dihitung. Contohnya ketika tidak sengaja mendapatkan uang yang terselip dari saku celana, jangan dibuat untuk jajan. Alangkah baiknya masukan uang tersebut ke tabungan juga.

Ini bisa jadi solusi cepat jika uang jajan dirasa kurang banyak. Banyak juga uang receh lain yang bisa didapatkan seperti menerima kembalian. Hal tersebut akan jadi tambahan yang berarti jika mengandalkan uang jajan masih terasa sedikit.

Itulah kiat cara menabung uang jajan 2000 untuk beli HP mudah. Semoga dengan cara ini banyak pelajar yang bisa perlahan menabung untuk HP impiannya tanpa perlu meminta kepada orang tua.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *