Cara Memindahkan Foto dari WhatsApp ke Galeri

Cara Memindahkan Foto dari WhatsApp ke Galeri

Cara Memindahkan Foto dari WhatsApp ke Galeri – WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling praktis untuk digunakan. Kita hanya perlu mendaftarkan nomor HP di WhatsApp, kemudian memasukkan nomor HP teman di dalamnya. Seketika itu Anda sudah bisa chattingan dengan nyaman di WhatsApp. Berkirim pesan teks, stiker, emoticon hingga berbagai file media jadi lebih mudah dengan adanya WhatsApp.

Berbagi file media, seperti foto nantinya kita bisa menyimpan foto tersebut ke menu Galeri di HP. Namun, terkadang foto yang diterima dari teman di WhatsApp tidak otomatis tersimpan di Galeri HP. Dan pada kondisi ini Anda tidak tahu cara untuk menyimpan foto kiriman di WA tersebut. Berikut cara memindahkan foto dari WhatsApp ke Galeri HP yang bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Memindahkan Foto dari WhatsApp ke Galeri

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan foto di WA ke penyimpanan atau menu Galeri di HP android, yakni secara otomatis dan manual. Yang pasti kedua cara ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi Anda yang masih awam. Adapun cara memindahkan foto dari WhatsApp ke Galeri HP selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menyimpan Foto dari WhatsApp Secara Otomatis

Untuk cara yang pertama ini bisa digunakan bagi Anda yang suka dengan hal praktis, di mana foto yang diterima di WhatsApp akan secara otomatis dipindahkan ke Galeri. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi WhatsApp di perangkat HP.
  • Pada halaman Obrolan, Anda klik menu Tiga Titik di pojok kanan atas tampilan lalu pilih Setelan.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Chat. Kemudian aktifkan tombol slider yang ada di sebelah kanan opsi Tampilkan Media.
  • Kembali ke halaman Setelan WhatsApp, kemudian Anda masuk ke opsi Penyimpanan dan Data.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Saat Menggunakan Data Seluler, lalu beri tanda centang pada opsi Foto dan klik OKE. Klik tombol Kembali, lalu pilih opsi Saat Terhubung ke Wi-Fi. Beri tanda centang pada Foto, lalu klik OKE.
  • Selesai.

Dengan cara ini, foto kiriman yang diterima di WhatsApp akan secara otomatis tersimpan di Galeri HP.

2. Menyimpan Foto dari WhatsApp Secara Manual

Sementara untuk cara yang kedua bisa dilakukan jika Anda tidak mengaktifkan fitur Unduh Otomatis di WhatsApp seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk cara memindahkan foto dari WA ke Galeri secara manual ini, yakni:

  • Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP.
  • Pada halaman Obrolan, sekarang Anda klik salah satu chat yang terdapat kiriman foto dan ingin Anda simpan ke Galeri HP.
  • Pada foto kiriman yang diterima, Anda klik pada bagian informasi Ukuran Foto tersebut. Misalnya saja 125 KB atau yang lainnya.
  • Tunggu sampai proses download foto selesai. Jika sudah, maka nantinya foto tersebut akan langsung bisa diakses di menu Galeri HP.
  • Selesai.

Ada kalanya foto yang sudah didownload dari WhatsApp, baik secara otomatis atau manual namun tidak dapat terlihat di menu Galeri. Salah satu penyebabnya adalah karena memori internal HP yang sudah sesak. Untuk mengatasinya, Anda perlu menghapus atau memindahkan file yang tersimpan di memori internal.

Itulah tadi dua cara memindahkan foto dari WhatsApp ke Galeri yang mudah bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *