cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil Untuk UMKM Pemula, Wajib Tahu

Memahami cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil maupun UMKM Pemula dibutuhkan agar usaha yang dijalankan berjalan lancar. Namun tidak sedikit orang pemilik usaha kecil mengabaikan pembukuan keuangan padahal hal tersebut sangat penting dalam bidang administrasi usaha.

Sekecil apapun usaha yang dibangun tetap membutuhkan pembukuan keuangan untuk mengontrol keluar masuknya dana selain itu juga Pembukuan Keuangan digunakan untuk mencatat dana awal hingga akhir. Untuk lebih lanjut perlu mengetahui penjelasan terkait pentingnya pembuatan pembukuan untuk usaha kecil atau UMKM.

Manfaat Membuat Pembukuan Keuangan Untuk Usaha UMKM

Setelah mengetahui betapa pentingnya membuat pembukuan keuangan usaha kecil dilakukan saatnya untuk mengetahui manfaatnya juga. Sebaiknya hilangkan pikiran bahwa pembukuan keuangan itu merepotkan dan membuang waktu.

Dengan adanya pembukuan keuangan usaha kecil maupun besar akan mendapatkan manfaat seperti mengetahui detail keuntungan yang didapat dari usaha yang dijalankan. Selain itu dengan adanya pembukuan keuangan ketika usaha yang dijalankan berkembang pesat akan mengetahui profit keuangan.

Aturan pembuatan pembukuan keuangan usaha kecil maupun besar sudah di atur dalam Undang-undang Negara. Sehingga pembukuan keuangan bermanfaat agar nantinya usaha yang dibangun terhindar dari kebangkrutan dan kecurangan dalam dunia para pebisnis.

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil Bagi Pemula

Selanjutnya pembahasan mengenai bagaimana cara mencatat keuangan yang bagus pemilik usaha kecil ataupun sejenis UMKM pemula bisa mengikuti cara yang akan dijelaskan berikut. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk membuat pembukuan keuangan bagi pemula.

1. Membuat Catatan Pengeluaran Keuangan

Bagi pemilik usaha kecil dan belum memiliki tenaga administrasi yang handal bisa dengan mencatat keuangan sendiri. Salah satu hal pertama yang dilakukan mencatat semua pengeluaran usaha sejak awal usaha dirintis.

Semua pengeluaran yang perlu dicatat seperti dana pengeluaran untuk bahan baku, gaji pegawai ,biaya operasional dan pajak. Dengan begitu akan pemilik usaha dapat mengetahui target yang harus dicapai Agar balik modal awal usaha.

2. Membuat Catatan Pemasukan

Selain pengeluaran keuangan yang harus dicatat pemasukan pun juga penting untuk dibukukan. Buku catatan pemasukan dan pengeluaran dipisah agar memudahkan dalam pencarian.

Pemasukan keuangan seperti hasil penjualan setiap harinya dan hutang piutang yang dibayar. Pencatatan keseluruhan pemasukan keuangan bermanfaat untuk mengetahui signifikan keuntungan yang didapat selama usaha berjalan.

3. Membuat Buku Kas Utama

Selanjutnya untuk mempermudah ada cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil dengan menggabungkan pengeluaran dan pemasukan atau disebut kas utama. Dengan begitu pengusaha dapat melihat satu catatan secara langsung dan detail pengeluaran dan pemasukan.

4. Mencatat Stok Barang

Selain pembukuan keuangan dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan saja diperlukan mencatat stok barang yang masih ada ataupun yang sudah habis terjual. Dengan begitu akan meminimalisir kerugian karena menyimpan stok barang terlalu lama.

5. Membuat Pembukuan Keuangan Laba dan Rugi

Hal terpenting dalam pembukuan keuangan usaha kecil atau UMKM diperlukan Pencatatan laba dan rugi untuk memantau kinerja suatu perusahaan. Demikian setiap usaha yang dibangun tidak terlepas dari laba dan rugi tidak heran jika suatu perusahaan atau usaha yang dibangun bisa saja gulung tikar.

Hal tersebut bisa saja karena perusahaan tersebut tidak memiliki pencatatan keuangan yang bagus. Karena jika pencatatan keuangan suatu usaha bagus maka akan menciptakan keputusan yang cerdas oleh pemilik usaha.

Berikut penjelasan diatas mengenai cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil untuk UMKM pemula. Pencatatan keuangan dibutuhkan dan berperan penting untuk keberlanjutan usaha yang dibangun. Lakukan  cara pembukuan keuangan diatas dan singkirkan alasan kerepotan dalam pembukuan agar mempermudah usaha yang dijalankan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *