Cara Main Joystick di PC Gaming

Cara Main Joystick di PC – Main game di PC atau laptop menjadi pilihan banyak pecinta game di jaman sekarang ini. Alasannya karena game PC biasanya hadir dengan dukungan grafis yang memukau dan nyata. Selain itu, alur cerita yang dihadirkan juga sangat menarik dan pastinya selalu membikin ketagihan untuk memainkannya.

Lebih seru lagi bermain game di PC menggunakan kontroller tambahan, yakni joystick konsol. Namun, untuk menggunakan perangkat joystick saat main game di PC, Anda perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Berikut cara main joystick di PC gaming yang bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Main Joystick di PC Gaming

Sebenarnya di Windows sudah disediakan fitur yang memungkinkan perangkat PC atau laptop dapat mendeteksi dan menghubungkan joystick secara instan. Namun, pengguna perlu melakukan konfigurasi agar joystick lebih nyaman digunakan saat bermain game. Adapun cara main joystick di PC gaming yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Settings Joystick Game di Control Panel

Cara yang pertama yakni dengan menyambungkan joystick langsung ke PC atau laptop Windows, kemudian melakukan settings melalui Control Panel. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda hubungkan joystick ke perangkat PC atau laptop Windows dan pastikan perangkat tersebut telah terdeteksi.
  • Sekarang klik kolom Pencarian yang ada di bagian kiri bawah tampilan, kemudian ketik “control panel”. Menu Control Panel akan ditampilkan di hasil pencarian, kemudian klik menu tersebut.
  • Jendela Control Panel akan dibuka, selanjutnya Anda pilih opsi Hardware and Sound. Kemudian pilih View Device and Printers.
  • Jika joystick sudah terdeteksi, biasanya akan muncul di sana. Sekarang Anda klik kanan pada ikon Joystick yang muncul tersebut, kemudian pilih Game Controller Settings. Pastikan staus Joystick bertulis OK, lalu klik Properties.
  • Selanjutnya masuk ke tab Settings, lalu pilih opsi Calibrate dan konfirmasi dengan pilih Next. Tinggal menunggu hingga proses kalibrasi selesai, lalu klik Finish.
  • Anda bisa mulai mengetes joystick dengan pilih Test. Kemudian mengatur fungsi tombol joystick sesuai keinginan.
  • Selesai.

2. Settings Joystick di Windows Pakai Software Pihak Ketiga

Jika cara di atas kita menggunakan fitur bawaan di Windows, berbeda lagi dengan cara kedua ini. Kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur dan mengonfigurasi joystick di perangkat Windows. Software yang bisa Anda gunakan di sini yakni bernama Xpadder. Untuk cara konfigurasinya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install software Xpadder.
  • Kemudian hubungkan joystick ke perangkat komputer, lalu jalankan aplikasi Xpadder yang sudah diinstall tadi.
  • Pada jendela Xpadder, sekarang Anda klik ikon joystick yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan. Kemudian pilih opsi New dan pilih Image untuk menambahkan stik baru.
  • Nantinya Anda akan dibawa ke halaman folder Controller Imagae. Sekarang Anda pilih gambar stik yang sama dengan joystick yang Anda gunakan. Jika sudah, kembali lagi ke menu Stick.
  • Selanjutnya pada bagian bawah tampilan, Anda beri tanda centang pada opsi Enable di bagian kiri dan kanan. Kemudian klik tombol Analog di joystick.
  • Masuk ke menu Dpad, lalu beri tanda centang untuk sinkronisasi tombol joystick dengan yang ada di aplikasi. Sekarang tinggal Anda atur sendiri fungsi dari setiap tombol joystick sesuai kenyamanan Anda bermain game.
  • Selesai.

Itulah tadi dua cara main joystick di PC gaming yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *