Cara Main Game di PC Pake Stik PlayStation

Cara Main Game di PC Pake Stik PlayStation

Cara Main Game di PC Pake Stik – Bermain game memang menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan dan disukai oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, mereka suka sekali bermain game di berbagai platform. Salah satunya yang paling digandrungi yakni main game di perangkat PC. Game di PC diklaim lebih seru karena tampilan grafisnya yang lebih memukau dan nyata.

Bermain game di PC atau laptop lebih seru lagi jika menggunakan Joystick atau stik PS. Stik sendiri memang biasa digunakan saat main game di perangkat konsol, misalnya saja PlayStation. Untuk memainkan game PC menggunakan stik tambahan, perlu dilakukan konfigurasi. Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu cara main game di PC pake stik PS tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Main Game di PC Pake Stik PlayStation

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk memasang joystick untuk bermain game di PC atau laptop, yakni dengan bantuan software pihak ketiga dan setting langsung dalam game. Keduanya sama mudahnya untuk dilakukan, yang pasti Anda yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya.

Adapun cara main game di PC pake stik PS yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Setting Joystick Langsung dari Game

Beberapa game PC menyediakan fitur khusus untuk mengatur kontroler yang digunakan, baik itu menggunakan keyboard atau stick eksternal. Sebagai contohnya game PES besutan KONAMI yang memungkinkan pemainnya memasang stik eksternal sebagai controller game. Untuk cara konfigurasinya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama buka Windows Explorer dan buka folder tempat penyimpanan game PES-nya. Biasanya ada di folder C:\Program Files\Konami\Pro Evolution Soccer\
  • Di sana Anda akan melihat file Settings.exe, Anda klik dua kali pada file tersebut untuk membukanya.
  • Sekarang Anda hubungkan joystick ke PC atau laptop dan pastikan sudah terhubung.
  • Pada halaman Settings tadi, Anda pilih menu Controller lalu pilih DirectInput.
  • Pada bagian Controller, Anda pilih salah satu controller yang dinginkan. Lalu di bagian Device, Anda pilih joystick yang dihubungkan tadi.
  • Selanjutnya tinggal mengatur tombol joystick sesuai keinginan dan klik OK untuk menyimpan.
  • Selesai.

Untuk Anda yang menggunakan stik XBOX, maka perlu memilih Xinput bukannya DirectInput.

2. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Sementara untuk cara yang kedua ini mengharuskan Anda menggunakan software tambahan yang dipasang di perangkat PC atau laptop. Cara ini bisa digunakan jika game yang ingin dimainkan tidak tersedia fitur untuk mengatur kontroler game. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download software 360CE melalui LINK INI. https://www.x360ce.com/
  • Jika sudah, sekarang Anda cari file 360CE yang sudah didownload tadi. Kemudian lakukan ekstrak file dengan cara klik kanan padafile, lalu pilih Ekstrak Here.
  • Selanjutnya CopyPaste file x360ce.exe ke dalam folder game yang ingin dimainkan menggunakan joystick.
  • Sekarang hubungkan stik ke PC atau laptop dan pastikan sudah terdeteksi atau terhubung.
  • Selanjutnya jalankan aplikasi 360CE yang sudah di folder game tadi.
  • Sekarang Anda tinggal melakukan konfigurasi pada controller sesuai keinginan.
  • Selesai.

Jika terdapat pesan error yang muncul saat membuka software 360CE, misalnya pesan error “Xinput1_3.dll not found”, maka solusinya klik tombol Create untuk mengatasinya.

Itulah tadi cara main game di PC pake stik yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *