5 Cara Investasi Properti Untuk Pemula Yang Wajib Diperhatikan

Investasi properti sudah lama menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin mengembangkan portofolio finansial di masa depan. Bagi pemula yang tertarik untuk memulai investasi properti, maka harus mengambil langkah tepat dan tidak sembarangan membuat keputusan. Cara investasi properti untuk pemula bisa Anda simak pada artikel berikut ini.

Properti adalah pilihan investasi jangka panjang yang nilainya stabil dan bahkan cenderung meningkat. Sebab, properti dibutuhkan oleh setiap orang sepanjang waktu. Meskipun memberi keamanan investasi dengan risiko minim, namun untuk memulai investasi properti membutuhkan modal besar.

Sehingga, setiap keputusan harus dipikirkan secara bijak. Cara investasi properti untuk pemula seperti dibawah.

Cara Investasi Properti Untuk Pemula yang Benar

 

1. Meneliti Pasar Properti

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memahami bagaimana kondisi pasar properti saat ini. Lakukan riset tentang daerah-daerah yang menawarkan potensi pertumbuhan nilai properti kedepannya.

Terlibatlah dalam seminar dan bergabung dengan forum online yang membahas investasi properti. Semakin baik pemahaman Anda, maka bisa membuat keputusan investasi yang lebih bijak dan tepat.

2. Memilih Pengembang Properti Terpercaya

Ketika Anda memutuskan untuk membeli apartemen atau rumah tapak, maka disarankan untuk memilih properti dari pengembang terpercaya. Ini merupakan tindakan yang perlu dilakukan untuk menghindari risiko penipuan yang pastinya merugikan.

Sebelum melakukan transaksi, alangkah baiknya Anda survei terhadap properti yang diminati dan periksa latar belakang pengembangnya. Pastikan legalitas pengembang sehingga menjamin transaksi yang lebih aman.

3. Mempersiapkan Dana

Selain riset lokasi dan memilih pengembang, biaya juga menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam investasi properti. Persiapan dana untuk biaya pokok dan kewajiban lainnya sangat penting.

Berikut adalah beberapa biaya yang harus diperhitungkan sebelum memulai investasi properti:

Biaya Tanda Jadi

Biaya tanda jadi biasanya ditetapkan oleh pengembang. Namun, jika Anda membeli melalui pasar sekunder, penjual properti yang menentukan biaya ini.

Biaya tanda jadi sering disebut sebagai booking fee dan memperjelas niat Anda membeli properti.

Uang Muka

Setelah membayar biaya tanda jadi, langkah berikutnya adalah menyiapkan uang muka. Pengembang mungkin menetapkan jumlah uang muka.

Jika membeli lewat pasar sekunder, uang muka biasanya berkisar antara 20{fb83f8cc061069648caf043c9e67af68997e28e5b5c61268be101b8af575c54f}-50{fb83f8cc061069648caf043c9e67af68997e28e5b5c61268be101b8af575c54f} berdasarkan peraturan bank.

Angsuran

Investasi properti sering dilakukan melalui kredit atau cicilan selama beberapa tahun. Anda akan membayar angsuran bulanan. Besar angsuran akan disepakati dengan pihak bank, namun tidak lebih besar daripada kemampuan atau besaran penghasilan Anda.

4. Fasilitas Properti

Setelah Anda memeriksa harga pasar dan menyesuaikan dana, cara investasi properti untuk pemula berikutnya adalah mencari tahu apa saja fasilitas yang disediakan oleh pihak pengembang.

Fasilitas yang baik sangat penting, karena bisa meningkatkan nilai jual properti Anda. Perhatikan fasilitas di dalam perumahan dan akses di sekitarnya.

Fasilitas di dalam perumahan terdiri dari area olahraga, tempat ibadah, tempat bermain anak dan fasilitas infrastruktur dasar seperti gerbang masuk perumahan.

Sementara itu, fasilitas di sekitar perumahan terdiri dari sekolah, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan dan rumah sakit.

Bagi Anda yang baru memulai dalam investasi properti, penting untuk memperhatikan hal ini dengan seksama. Fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis akan mendorong nilai tambah properti Anda di pasaran.

5. Surat Pembelian Tanah

Investor pemula tidak boleh mengesampingkan surat tanah yang dikeluarkan oleh pihak pengembang sah secara hukum. Penting untuk memilih properti dengan jeli dan penuh hati-hati, khususnya perihal dokumen yang terkait dengannya.

Anda bisa memvalidasi surat memvalidasi langsung melalui notaris yang bertanggung jawab atas akta tanah.

Informasi yang Anda dapatkan dari surat-surat ini akan memberi gambaran tentang status tanah kavling yang Anda beli dan properti secara keseluruhan.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima cara investasi properti untuk pemula yang harus diperhatikan sebaik mungkin. Semoga ini bisa menjadi panduan yang tepat sebagai langkah awal Anda sukses di bisnis properti.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *