Cara Atasi Layar HP Gerak Sendiri Paling Ampuh

Cara Atasi Layar HP Gerak Sendiri Paling Ampuh

Cara Atasi Layar HP Gerak Sendiri – Yang menjadi ciri khas dari smartphone android yakni layar sentuhnya. Berbeda dengan handphone jaman dulu, pada HP android dibekali dengan layar LCD yang cara mengoperasikannya dengan disentuh. Selain itu, pada layar diberi proteksi atau pelindung agar tidak mudah pecah saat terjatuh atau tergores benda tajam.

Akan tetapi, ada satu kelemahan dari HP dengan dukungan layar sentuh ini, yakni layarnya yang error. Misalnya saja layar HP yang bergerak dan tertekan sendiri, padahal kita tidak menyentuhnya. Bisa dikatakan juga sebagai ghost touch, yang mana hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Lantas, bagaimana cara atasi layar HP bergerak sendiri tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Atasi Layar HP Gerak Sendiri Paling Ampuh

Cukup mudah sebenarnya untuk mengatasi layar HP yang suka bergerak dan memencet sendiri tanpa disentuh. Namun, memang belum semua pengguna mengetahui cara ini, sehingga layar HP-nya dibiarkan tetap error. Adapun cara atasi layar HP gerak sendiri yang ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart

Bisa jadi ghost touch atau layar HP bergerak dan memencet sendiri diakibatkan oleh error pada sistem android. Atau bisa juga karena banyaknya file sampah yang tersimpan sehingga menyebabkan error.

Untuk cara mengatasi hal ini cukup dengan melakukan restart atau mulai ulang HP android. Tidak hanya error pada layar, cara ini juga akan memberikan efek performa HP yang terasa lebih cepat dan ringan.

2. Membersihkan Layar HP

Cara lainnya untuk mengatasi layar HP bergerak dengan sendirinya yakni dengan melakukan pembersihan pada layar. Mungkin karena adanya debu atau kotoran yang menempel di layar, sehingga menyebabkan ghost touch tersebut.

Sekarang lakukan pembersihan pada layar HP menggunakan kain lap yang halus atau kain microfiber. Untuk menghilangkan kotoran yang membandel, Anda bisa menggunakan minyak kayu putih. Caranya teteskan sedikit minyak kayu putih pada kain lap, kemudian gunakan untuk membersihkan layar.

3. Melepas Pelindung Layar

Untuk Anda yang memasang pelindung layar pada layar sentuh HP, cobalah untuk melepasnya sekarang. Bisa jadi layar HP yang bergerak sendiri diakibarkan oleh penggunaan pelidung layar atau screen guard tersebut. Apalagi jika Anda membeli pelindung layar abal-abal, bisa dipastikan inilah yang menjadi penyebab utama layar HP error.

Sejatikan hampir semua HP keluaran baru sudah dibekali dengan proteksi layar bawaan. Sehingga Anda tidak perlu lagi memasang pelindung layar tambahan untuk perangkat HP tersebut. Tidak hanya sebagai anti-gores, proteksi layar bawaan dari HP ini juga berfungsi untuk mencegah layar pecah saat terjatuh atau tertimpa benda lain.

4. Mengistirahatkan HP

Layar yang suka bergerak sendiri juga bisa terjadi karena HP terlalu diforsir, sehingga membuatnya seakan lelah. Apalagi jika Anda mengoperasikan HP sampai daya baterainya tersisa sedikit atau lowbat, ini akan semakin memperparah kondisi layar.

Belum lagi panas yang ditimbulkan dari komponen dalam HP, juga bisa berdampak pada kondisi layar sentuhnya. Untuk itu, istirahatkan HP sejenak dan mengisi daya baterainya hingga penuh 100{fb83f8cc061069648caf043c9e67af68997e28e5b5c61268be101b8af575c54f}.

5. Mengganti Layar LCD

Dan yang terakhir adalah dengan mengganti layar LCD HP yang mengalami kerusakan. Tidak jarang memang LCD HP rusak sehingga menyebabkan fungsinya kurang maksimal saat digunakan, termasuk layar bergerak sendiri.

Sebaiknya Anda mengganti LCD HP dengan LCD Original, meskipun mungkin harganya bisa dibilang agak mahal.

Itulah tadi beberapa cara atasi layar HP gerak sendiri yang paling ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *