6 Manfaat Belajar Mandiri Sumber Belajar Online Yang Menarik

Perkembangan teknologi memberikan dampak besar terhadap kegiatan sehari-hari masyarakat, mulai dari belanja sampai belajar. Kita yang hidup di era digitalisasi seperti sekarang, tentu sudah akrab dengan belajar mandiri sumber belajar online. Metode satu ini memungkinkan setiap pelajar mengakses berbagai macam materi pembelajaran secara fleksibel dan efisien.

Teknologi berhasil mengubah cara kita belajar dari yang sebelumnya dilakukan konvensional menjadi modern. Penelitian menunjukkan bahwa teknologi berdampak positif pada pembelajaran. Begitupun dengan Internet, ini memfasilitasi semua orang agar bisa belajar kapanpun dan dimanapun.

Melihat bagaimana metode belajar mandiri sumber belajar online semakin diminati oleh semua orang, tentu ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dibandingkan belajar konvensional.

Beraneka Macam Manfaat Belajar MandiriĀ  Sumber Belajar Online

Ketika Anda memutuskan untuk belajar secara mandiri dan memanfaatkan sumber informasi dari platform online, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat:

1. Fleksibilitas Waktu dan Tempat

Salah satu keunggulan utama dari belajar mandiri online adalah fleksibilitas dalam menentukan waktu dan tempat belajar. Setiap pelajar bisa mengakses materi pelajaran kapan saja dan di mana saja asalkan terhubung dengan internet.

Ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki jadwal padat atau berbagai kewajiban sehari-hari. Anda bisa belajar dari rumah, cafe atau bahkan di perpustakaan.

Pilih tempat yang menurut Anda paling nyaman untuk belajar, begitupun dengan waktunya. Apakah itu di pagi hari, sore atau bahkan tengah malam. Semua tinggal menyesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

2. Akses ke Beragam Materi

Sumber belajar online menawarkan akses ke berbagai jenis materi pembelajaran, mulai dari teks, video, audio, hingga simulasi interaktif. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih variatif dan bisa disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing orang.

Anda tidak hanya berkutat pada informasi yang tertuang pada buku dan berbentu teks. Jika sedang malas membaca, bisa melihat video interaktif yang lebih menarik untuk mempelajari segala sesuatu.

3. Mandiri dalam Pengelolaan Waktu

Belajar mandiri dengan sumber informasi dari platform online juga mengembangkan kemampuan diri untuk mengatur waktu. Anda perlu mengatur jadwal belajar sendiri, kapan sekiranya memiliki waktu luang dan paling pas buat belajar.

Tidak ada jadwal khusus untuk melakukannya, Anda bisa melakukan selagi memiliki waktu senggang. Secara tidak langsung ini juga berperan terhadap kemampuan manajemen waktu.

4. Tidak Harus Membeli Banyak Buku

Sebagai seorang siswa, Anda pastinya membutuhkan sumber referensi untuk menemukan informasi tertentu. Metode belajar konvensional mengharuskan setiap siswa untuk membeli buku untuk masing-masing materi pelajaran.

Namun, ketika Anda belajar mandiri sumber belajar online maka lebih efisien. Anda bisa mendapatkan suatu informasi secara gratis melalui kursus online, video tutorial, blog, dan aplikasi e-learning.

Kalaupun ada yang harus berlangganan premium, itu tergolong murah daripada Anda harus membeli banyak buku.

5. Dukungan Komunitas Online

Meskipun belajar mandiri, siswa tetap bisa terhubung dengan komunitas online, seperti forum diskusi Brainly. Terlebih lagi ketika berlangganan premium di aplikasi seperti Ruang Guru, Duolingo dan sejenisnya.

Siswa akan diberi mentor yang siap mendampingi dan membantu setiap kesulitan selama proses belajar berlangsung. Mentor tersebut adalah orang-orang kompeten di bidangnya, sehingga mampu memberikan manfaat belajar secara maksimal.

6. Tidak Gaptek

Belajar online juga membantu siswa agar tidak ketinggalan zaman dan mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Mereka akan terbiasa memanfaatkan internet sebagai sumber informasi, maupun kemudahan belajar daring dari aplikasi e-learning.

Sebagai seorang siswa yang dikelilingi oleh gadget dan internet, sudah seharusnya mulai membiasakan diri dengan metode belajar mandiri sumber belajar online. Fleksibilitas waktu dan sumber informasi yang sangat lengkap menjadi pertimbangan utama mengapa seorang siswa perlu melakukannya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *