Cara Menabung 10 Juta dalam 3 bulan

Begini Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan Yang Ampuh dan Efektif

Menabung adalah sesuatu yang penting sebagai salah satu perencanaan keuangan masa depan. Banyak orang ingin memiliki tabungan dengan nominal besar, namun tidak tahu harus memulai dari mana. Jangan khawatir, dibawah ini Anda bisa mempelajari cara menabung 10 juta dalam 3 bulan. Terdengar susah memang, kalau Anda memiliki niat sebenarnya bisa saja terwujud.

Jika bicara soal tabungan, berarti Anda harus mengetahui cara pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Tidak boleh sembarangan dalam membelanjakan uang, karena pada akhirnya uang lenyap begitu saja.

Percaya atau tidak, orang yang memiliki tabungan lebih bersemangat dalam bekerja dan menjadi rutinitas harian. Ingin tahu cara menabung 10 juta dalam 3 bulan? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan yang Efektif

1. Mengalokasikan Gaji dengan Bijak

Langkah pertama yang perlu Anda pikirkan dengan matang adalah alokasi gaji. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan sembarangan membelanjakan uang. Melainkan harus diatur sedemikian rupa supaya target tabungan bisa terpenuhi.

Dalam kasus ini, Anda ingin menabung 10 juta selama 3 bulan. Itu berarti uang yang harus disisipkan minimal 3,4 juta per bulan.

Jika penghasilan Anda sekitar 15 juta, maka bisa menerapkan metode 50-20-20-10 untuk alokasi gaji. Sedangkan bagi Anda yang gajinya mungkin di angka 6-7 jutaan harus pandai-pandai mengirit uang.

Karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, Anda harus membuat aplikasi pengeluaran sendiri. Utamakan kebutuhan dan sebisa mungkin kurangi pengeluaran tidak perlu.

2. Membuat Rekening Khusus

Salah satu tantangan terbesar setiap orang yang menabung adalah uangnya selalu terpakai. Hal ini terjadi karena tidak memiliki rekening khusus untuk menyimpan uang. Jika dijadikan satu dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari, tentu sulit mengumpulkannya.

Agar upaya menabung 10 juta Anda berhasil, sangat dianjurkan supaya membuat rekening sendiri. Memisahkan rekening tabungan dan kebutuhan sehari-hari bisa menjadi langkah tepat.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyetor uang 3,4 juta per bulan ke rekening tabungan. Tanpa sedikitpun mengambil uang dari situ, Anda harus bersikap tegas.

Ini dilakukan setelah semua kebutuhan pokok Anda terpenuhi, jangan memaksakan memiliki tabungan besar dengan mengabaikan kebutuhan dasar. Seperti makan, paket internet, uang bensin dan sebagainya.

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Cara menabung 10 juta selama 3 bulan berikutnya adalah mencatat setiap pengeluaran. Tentu saja diikuti dengan pendapatan yang Anda peroleh selama satu bulan. Sehingga, uang yang masuk dan keluar bisa dipantau sedemikian rupa.

Mulai dari pengeluaran untuk kebutuhan pokok, sampai biaya jajan sehari-hari sekalipun harus dicatat dengan rapi. Di akhir bulan nanti, Anda bisa menggunakan catatan tersebut sebagai bahan evaluasi.

Pengeluaran mana yang paling banyak mengambil uang Anda setiap bulannya. Apakah pengeluaran itu perlu dan mendesak atau tidak. Inilah fungsi catatan untuk mencegah pengeluaran membengkak.

4. Tidak Memakai PayLater dan Kartu Kredit

PayLater adalah godaan terbesar bagi orang zaman sekarang, karena mereka bisa membeli apapun dengan sistem bayar dicicil. Konsepnya mirip seperti kartu kredit yang lebih dahulu populer.

Namun penting diingat, bahwasannya kedua layanan tersebut membuat upaya menabung Anda semakin berat dan berpotensi gagal. Pasalnya, uang tabungan yang sudah dikumpulkan terus dipakai untuk membayar tagihan setiap bulannya.

5. Mengetahui Kebutuhan dan Keinginan

Setelah Anda menyusun alokasi gaji sampai menghindari PayLater, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengetahui mana kebutuhan dan keinginan. Tunggu selama berhari-hari setiap kali Anda ingin membeli barang, jika masih berpikir untuk membelinya berarti penting.

Ingat, tujuan Anda adalah mengumpulkan Rp. 10 juta selama 3 bulan. Jika tidak disiplin maka kemungkinan besar akan gagal.

Demikianlah pembahasan mengenai lima cara menabung 10 juta selama 3 bulan yang efektif. Semoga panduan diatas bisa membimbing Anda sehingga tidak bingung lagi harus melakukan apa.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *