Cara menabung uang jajan 2000

Begini 5 Cara Menabung Uang Jajan 2000 Untuk Pelajar Yang Efektif

Cara menabung uang jajan 2000 bukanlah metode ribet dan memberatkan bagi pelajar. Meskipun nominalnya kecil, Anda tidak boleh menyepelekan kebiasaan menabung. Pasalnya, dari sinilah kita belajar mengelola uang untuk mendapatkan sesuatu yang ingin dimiliki. Pelajar yang terbiasa menabung tentu lebih mudah mengelola keuangan sesudah bekerja nanti. Bagaimana, Anda ingin memulainya juga?

Menabung adalah kegiatan yang sangat berguna untuk kondisi keuangan Anda kedepannya. Uang tabungan yang berhasil dikumpulkan bisa dipakai untuk membayar biaya tidak terduga, sampai membeli barang keinginan. Seperti laptop, hp dan lain sebagainya.

Tanpa perlu panjang lebar, berikut ini cara menabung uang jajan 2000 yang mudah dan efektif. Pelajar harus memahaminya supaya tidak mudah berhenti ditengah jalan.

Cara Menabung Uang Jajan 2000 Untuk Pelajar

1. Menentukan Ingin Menabung Buat Apa

Salah satu kesalahan seseorang ketika hendak menabung adalah tidak memiliki target jelas. Mereka tidak tahu secara pasti nominal yang ingin dikumpulkan, barang apa yang hendak dibeli dan berapa lama menabung.

Percayalah, ketika Anda memiliki target yang jelas maka lebih mudah untuk konsisten menabung. Karena mengerti betul hasil akhir yang nantinya bakal diperoleh.

Sebagai pelajar, biasanya mereka menabung untuk membeli laptop. Tentukan dahulu berapa harga laptop yang ingin dibeli, kemudian membuat jadwal berapa lama harus menabung.

2. Membuat Tabel Tabungan Harian

Setelah Anda mengetahui berapa nominal yang ingin dikumpulkan, maka sekarang giliran membuat tabel tabungan harian. Setiap kali berhasil menyisihkan uang Rp. 2 ribu Anda mencoret tabel harian.

Kegiatan sederhana seperti ini ternyata cukup ampuh untuk menstimulasi otak supaya menyisihkan uang secara konsisten setiap harinya.

Sebagai contoh, target menabung Anda sebesar Rp. 4 juta. Berarti harus ada 2.000 tabel yang dibuat dan wajib dicoret. Seolah-olah ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk selalu menyisihkan uang.

3. Menentukan Tempat Menyimpan Uang

Cara menabung uang 2000 selanjutnya adalah menentukan dimana Anda akan menyimpan uang tabungan. Apakah disimpan sendiri atau dititipkan kepada orang tua.

Jika menyimpan sendiri, Anda harus membuat celengan sejak jauh-jauh hari. Hindari menyimpan di toples atau dompet yang berpotensi bisa diambil dengan mudah.

Apabila Anda kurang percaya diri menyimpan uang sendiri, maka bisa meminta bantuan kepada orang tua. Setiap kali memberikan uang jajan suruh memotongnya Rp. 2 ribu buat disimpan.

Sehingga, Anda menerima uang bersih dan tabungan sudah terjamin. Daripada Anda menerima semua uang jajan dan menyisihkannya sendiri, biasa lebih sering khilaf.

4. Kurangi Pengeluaran Sebisa Mungkin

Mengurangi pengeluaran adalah cara ampuh berikutnya supaya Anda bisa konsisten menabung dan targetnya tercapai. Bagi seorang pelajar, Anda bisa mengurangi pengeluaran dengan cara membawa bekal makanan ke sekolah.

Tidak harus setiap hari supaya Anda tetap santai menjalaninya. Sebagai contoh, uang jajan Anda setiap hari Rp. 10 ribu. Jika dipotong Rp. 2 ribu maka masih ada sisa Rp. 8 ribu yang cukup untuk membeli makan di kantin.

Ketika membawa bekal dari rumah, Anda bisa menyisihkan uang Rp. 4 ribu untuk jatah tabungan selama 2 hari. Sisa Rp. 6 ribu sudah cukup kok membeli minuman di kantin.

Karena kemarin sudah menyisihkan Rp. 4 ribu, maka keesokan hari boleh menabung atau tidak karena jatah setoran sudah dipenuhi. Bagaimana, terasa ringan bukan?

5. Tidak Menyepelekan Yang Receh

Jika di rumah Anda sering melihat ada yang receh, maka sisihkan buat dimasukkan ke celengan. Semisal disuruh ibu belanja di warung dan ada kembalian, maka simpan uang receh tadi.

Atau bisa juga memberitahu kepada orang tua jika mereka memiliki uang receh suruh memberikannya.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima cara menabung uang jajan 2000 yang efektif bagi para pelajar. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda mengumpulkan uang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *