Apakah pinjol masuk BI checking

Apakah Pinjol Masuk BI Checking? Begini Jawaban Yang Sebenarnya

Apakah pinjol masuk BI checking? Pertanyaan ini masih berputar dikepala sebagian besar orang. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki tunggakan di salah satu aplikasi pinjaman online. Tentu muncul rasa khawatir jika tunggakan kredit yang dilakukan masuk ke saya BI checking. Anda bisa menemukan jawabannya segera sebagai berikut.

BI checking adalah data yang memuat riwayat kredit atau pembayaran pinjaman seorang nasabah. Data ini dikumpulkan dengan menukar informasi diantara lembaga keuangan dan bank. Nantinya, BI checking dipakai sebagai tolak ukur kelayakan ketika mengajukan KPR, kredit bank dan sejenisnya.

Lantas, apakah pinjol masuk BI checking? Temukan jawaban selengkapnya dibawah.

Apakah Pinjol Masuk BI Checking?

Pinjol atau pinjaman online berhasil menarik perhatian masyarakat untuk menjadikannya sebagai solusi keuangan. Bagaimana tidak menarik, karena untuk mengajukan pinjaman di pinjol syaratnya mudah dan proses pencairan dana relatif cepat.

Namun, banyak orang yang tidak memikirkan konsekuensinya berupa bunga pinjaman sangat tinggi. Nasabah pinjaman online harus menanggung bunga yang besar dan memberatkan mereka untuk membayarnya.

Sehingga tidak heran apabila banyak nasabah pinjol yang gagal bayar dan terlilit hutang seolah tidak ada habisnya. Terlebih lagi ketika nasabah menerapkan sistem tutup lubang gali lubang.

Jeratan pinjol tidak akan pernah terputus dan membuat riwayat kreditnya sangat buruk karena banyak tunggakan.

Untuk pertanyaan apakah pinjol masuk BI checking, maka jawabannya tergantung dimana Anda meminjam uang. Apabila meminjamnya di aplikasi pinjaman online ilegal, maka kredit macet yang Anda lakukan tidak masuk ke data BI checking.

Pasalnya, aplikasi pinjol ilegal tidak terdaftar secara resmi di lembaga keuangan. Ini membuat riwayat nasabah tidak tercatat di BI checking.

Jangan senang dahulu, karena risiko meminjam di aplikasi pinjol ilegal lebih merugikan. Pertama, dari segi bunga pinjaman yang sangat mencekik karena bernilai besar.

Pinjol ilegal memang menawarkan uang pinjaman yang cepat cair. Namun, jangan lupa bahwa bunga yang harus Anda bayar sangat besar. Tentu saja ini akan menyiksa kondisi keuangan nasabah.

Selain bunga yang besar, nasabah juga akan diteror oleh pinjol ilegal ketika gagal membayar kredit atau menunggak. Mereka akan terus menagih dengan ancaman dan maki-makian.

Aplikasi pinjaman online ilegal memang manis diawal, namun pada akhirnya membuat hidup Anda menjadi tidak tenang.

Sementara itu, ketika Anda gagal membayar atau ada tunggakan kredit di pinjol legal maka datanya masuk ke BI checking. Riwayat nasabah semuanya terpantau dan bisa dilihat oleh pihak bank melalui BI checking.

Oh iya, namanya sekarang bukan lagi BI checking melainkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Data Anda selama menjadi nasabah pinjol terekam dengan rapi dan bisa dilihat kapan saja.

Jika dibandingkan pinjol ilegal, perusahaan pinjaman online legal memberlakukan bunga yang lebih manusiawi. Metode penagihan kredit juga tidak sampai mengancam atau memaki nasabah.

Sebagai perusahaan yang berstatus legal, Anda bisa tenang karena semua kegiatannya dipantau langsung oleh OJK.

Daftar Pinjaman Online yang Masuk BI Checking

Dibawah ini adalah beberapa nama aplikasi pinjaman online legal yang datanya masuk ke BI checking atau SLIK:

Amartha

Investree

Danamas

Toko Modal

Boost

Dompet Kilat

Timnas

Maucash

Kredit Pintar

KTA Kilat

Modalku

KoinP2P

PinjamanGo

Ammana.id

Akseleran

KlikA2C

Kreditpro

Esta Kapital Fintek

AdaKami

Mekar

Pohondana

EasyCash

Danakini

Selain daftar diatas, masih ada banyak aplikasi pinjaman online legal lainnya yang memasukkan data nasabah ke SLIK atau BI checking. Anda tinggal mencari tahu legalitas aplikasi pinjol yang digunakan.

Sekarang Anda sudah mengetahui jawaban apakah pinjol masuk BI checking, yaitu tergantung apakah pinjol legal atau ilegal. Jika pinjaman online legal maka datanya masuk, sedangkan pinjol ilegal tidak masuk.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *