Kode SN pulsa

Apa Itu Kode SN Pulsa? Ini Dia Fungsi dan Cara Mengetahuinya

Kode SN pulsa adalah bagian dari transaksi isi ulang yang diberikan kepada penjual dan pembeli. Setiap kali Anda mengisi pulsa, maka tidak luput dari yang namanya Serial Number atau SN. Jika sampai sekarang Anda masih belum mengetahui maksudnya dan hanya sekedar mendengar istilah saja, maka bisa deh mempelajari pada artikel berikut.

Pulsa adalah bagian dari keseharian hampir semua orang di zaman sekarang. Fungsinya sangatlah penting agar pemilik ponsel bisa melakukan panggilan, SMS dan membeli paket internet.

Untuk mengisi ulang pulsa bisa dilakukan dengan pergi ke konter dan membeli secara online. Ketika transaksi berlangsung maka selalu disertakan kode SN pulsa. Simak pembahasan selengkapnya dibawah.

Pengertian Kode SN Pulsa

Serial Number (SN) pulsa adalah kode unik yang berfungsi untuk memverifikasi transaksi pengisian pulsa. Secara umum, kode tersebut dikirim kepada penjual dan pembeli sekaligus setelah transaksi berhasil dilakukan.

Setiap transaksi pengisian pulsa memiliki kode SN yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Sehingga, tidak ada yang namanya kode Serial Number pulsa sama.

Kode SN pulsa adalah kode yang tersusun dari tanggal pembelian, ID penjual dan kode operator. Semua operator di Indonesia memiliki kodenya masing-masing bagi pelanggannya.

Sekarang Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi tentang apa itu SN Telkomsel. Ini merupakan kode dari transaksi pengisian pulsa yang dilakukan oleh pelanggan. Begitupun dengan SN operator lain, seperti XL, Axis, Indosat dan sebagainya.

SN Isi Pulsa Untuk Apa?

Secara umum, serial number dipakai untuk membedakan antara satu item produk dengan lainnya. Hal ini juga berlaku pada pulsa yang Anda beli.

Jika bertanya apa kegunaan kode SN pulsa, maka jawabannya adalah untuk mengetahui bukti transaksi pengisian pulsa. Sehingga, mudah mengidentifikasi transaksi ketika suatu saat muncul masalah.

Sebagai contoh, ketika Anda membeli pulsa di konter dekat rumah dan tidak kunjung masuk padahal sudah beberapa jam. Ketika hendak komplain, maka Anda cukup menyerahkan SN pulsa sebagai bukti transaksi.

Lewat serial number pulsa, pihak penjual bisa mengetahui detail transaksi pulsa yang sudah dilakukan. Selain itu, penjual juga bisa tahu berapa banyak saldo yang dikirim kepada pelanggan dan sisa saldo yang dimiliki.

Jika diringkas, fungsi SN pulsa kurang lebih seperti dibawah ini:

Sebagai pemberitahuan bahwa transaksi pulsa sudah berhasil dilakukan ke nomor tertentu.

Dipakai untuk mengetahui informasi transaksi pulsa, seperti waktu dan tanggal pembelian.

Penjual bisa mengetahui berapa banyak sisa saldo yang dimiliki.

Dipakai untuk pengecekan ulang jika suatu saat terjadi masalah pada transaksi pembelian pulsa.

Berapa Jumlah Kode SN Pulsa?

Bukan hanya pihak penjual yang menerima kode SN pulsa, pembeli juga mendapatkannya setiap kali pengisian pulsa berhasil dilakukan. Jumlah kode SN Pulsa beragam, mulai dari 12 digit sampai 16 digit tergantung operator yang digunakan.

Cara melihat kode SN pulsa sangatlah gampang. Anda hanya perlu membuka kotak masuk SMS, maka disana akan ada pesan mengenai transaksi pulsa yang berhasil dilakukan. Ini berlaku ketika Anda membeli pulsa di konter seperti biasa.

Namun, apabila Anda membeli pulsa online lewat aplikasi seperti DANA dan lain sebagainya maka bisa membuka notifikasi. Setelah pengisian pulsa berhasil dilakukan, maka akan muncul notifikasi di aplikasi tersebut mengenai transaksi berhasil.

Itu tadi adalah sedikit pembahasan tentang kode SN pulsa yang bisa Anda pahami agar tidak bingung lagi mengenai kegunaan dan cara mengetahuinya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *