Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online

6 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online Yang Ampuh

Pinjaman online sekarang ini menjadi solusi keuangan bagi sebagian besar masyarakat ketika butuh uang mendadak. Kemudahan dan proses pencarian yang cepat membuatnya semakin digandrungi masyarakat. Namun sayang, Anda harus siap membayar bunga besar ketika terlambat melakukan pelunasan. Semakin lama terlambat membayar, biayanya juga besar. Lantas, bagaimana solusi tidak bisa bayar pinjaman online? Simak penjelasannya berikut.

Pinjaman online yang hadir ditengah-tengah masyarakat dibedakan menjadi dua macam. Yaitu pinjol legal dan ilegal yang sebisa mungkin harus dihindari oleh masyarakat.

Kita semua sudah mengetahui, bahwasannya hal yang paling menakutkan dari pinjaman online adalah bunganya tinggi. Mari kita cari tahu solusi tidak bisa bayar pinjaman online dibawah.

Beberapa Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online

1. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Langkah pertama yang harus Anda tanamkan didalam pikiran adalah tidak berhutang ke pinjol lain. Semisal Anda dihantui oleh hutang dari aplikasi pinjol A dan B, maka untuk melunasinya jangan meminjam uang di pinjol C dan D.

Kalau sistem gali lubang tutup lubang tidak dihentikan, maka sampai kapanpun Anda tidak akan bisa lepas dari pinjaman online.

Lantas, bagaimana cara saya mendapat uang untuk membayar cicilan? Bisa menjual aset yang dimiliki atau meminta bantuan orang lain. Pokoknya, jangan meminjam uang yang berbunga untuk melunasi hutang Anda.

2. Menghubungi Perusahaan Pinjol

Daripada Anda lari dari tanggung jawab, sebaiknya bersikap terbuka kepada pihak pinjol. Sampaikan kepada mereka bahwa kondisi ekonomi Anda sedang berat dan sulit, jangan lupa menyertakan bukti konkrit.

Selain menjelaskan kondisi ekonomi, jangan lupa menunjukkan komitmen bahwa Anda akan berusaha melunasi tunggakan tersebut.

3. Melakukan Negoisasi Supaya Diberi Keringanan

Solusi tidak bisa bayar pinjaman online berikutnya adalah negoisasi. Kita posisikan sudut pandang sebagai perusahaan pinjol dahulu, dimana mereka menginginkan nasabahnya membayar bunga pinjaman dan pokok pinjaman.

Jika memang kondisinya sedang sulit, sekecil apapun nominal yang Anda bayarkan itu berarti bagi perusahaan pinjol. Nah, disinilah Anda perlu melakukan negoisasi.

Jelaskan pada mereka bahwa saat itu Anda hanya mampu membayar sekian dan minta waktu untuk melunasi kekurangannya.

4. Mengajukan Restrukturisasi Pinjaman

Penting untuk diketahui oleh setiap orang, bahwa sekarang ini OJK sudah mengizinkan pihak pemberi pinjaman online melakukan restrukturisasi kredit dalam rangka meringankan nasabah.

Restrukturisasi kredit bisa dalam bentuk diskon bunga pinjaman dan denda, maupun tenor pinjaman yang diperpanjang hingga beberapa bulan kedepan.

Anda bisa memperoleh restrukturisasi kredit ini melalui negoisasi dengan pihak pinjol.

5. Mengelola Keuangan Sebaik Mungkin

Jangan hanya sibuk negoisasi dengan pihak pinjol, Anda juga harus menunjukkan upaya untuk melunasinya. Selain menjual aset yang dimiliki, Anda bisa menghemat pengeluaran sebisa mungkin. Lupakan dahulu soal belanja hobi dan barang yang tidak perlu.

Jika memungkinkan, cari sumber penghasilan tambahan sehingga uang yang Anda terima setiap bulannya semakin besar. Uang inilah yang nantinya dipakai untuk melunasi hutang di aplikasi pinjol.

6. Memeriksa Legalitas Pinjol

Solusi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa legalitas pinjol. Jika aplikasi pinjol tempat Anda meminjam uang berstatus legal dan resmi OJK, sebaiknya Anda mengupayakan untuk melunasinya.

Namun, jika ternyata pinjol berstatus ilegal maka Anda bisa melaporkan kepada pihak berwajib. Biasanya mereka melakukan penagihan dengan mengancam atau maki-maki.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai enam solusi tidak bisa bayar pinjaman online yang efektif. Anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas supaya bisa memutus rantai jeratan pinjol.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *