Cara menghemat uang 100 ribu

5 Cara Menghemat Uang 100 Ribu Untuk Sebulan Yang Ampuh

Cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan memang terdengar ekstrim dan mustahil buat dilakukan. Apalagi di zaman yang serba mahal seperti sekarang, membawa uang Rp. 100 ribu ke toko seolah tidak ada artinya. Hal itu memang benar adanya, ketika Anda membeli jajan dan bukan kebutuhan pokok. Padahal, sebenarnya masih ada bebera tips supaya lebih bermakna.

Ketika kondisi keuangan sedang sulit, setiap orang diharuskan memiliki skill pengelolaan uang yang matang. Mereka harus benar-benar memahami mana kebutuhan dan keinginan. Sekalipun memang untuk kebutuhan, maka harus dibuat semurah mungkin.

Ingin tahu cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan? Simak beberapa tips singkat dibawah.

Cara Menghemat Uang 100 Ribu Untuk Sebulan yang Efektif

1. Jangan Jajan

Seperti penjelasan sebelumnya, jajan adalah kebiasaan yang perlu Anda hindari ketika sedang menghemat uang. Sebab, mau sebanyak apapun uang yang dimiliki bisa habis dalam waktu singkat.

Jajan disini berlaku untuk membeli makan di warung atau sekedar membeli cilok di pedagang keliling. Namanya saja uang sedang mepet, ada baiknya meminimalisir pengeluaran tidak perlu.

2. Pakai WiFi

Kita hidup di era serba internet dan tidak bisa kalau sehari berhenti mengaksesnya. Bukan melulu soal mencari hiburan, terkadang ada urusan kerja yang perlu dikirim secara online.

Agar tetap bisa terhubung ke internet meski sedang berhemat, maka bisa deh mampir ke warkop. Lebih bagus lagi ketika kos Anda sudah tersedia WiFi atau menyambung ke tetangga sebelah rumah.

3. Kurangi Berkendara

BBM yang semakin mahal mengharuskan setiap orang lebih bijak lagi untuk menggunakan kendaraan miliknya. Jika memang masih bisa dijangkau dengan jalan kaki dan waktunya cukup, lebih baik Anda bepergian tanpa sepeda motor.

Uang membeli bensin bisa dialihkan ke pos membeli bahan pangan. Tentu saja lumayan membantu Anda tetap bertenaga dengan makan yang masih terjaga baik.

Kurangi berkendara jika memang tujuannya hanya untuk bermain atau sekedar nongkrong. Lebih baik jalan kaki atau berdiam diri di kos tidak pergi kemana-mana.

4. Membeli Sayuran di Pasar

Ini dia cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan yang paling penting. Lebih baik Anda pakai uang membeli sayur, kemudian memasaknya. Dibandingkan harus membeli sayur siap makan di warung, memasak sendiri tentu lebih murah.

Anda bisa membelanjakan uang untuk kebutuhan pokok dapur, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tahu, tempe dan lain sebagainya. Jika memang ingin berhemat, maka untuk sekali masak usahakan bisa dipakai selama berhari-hari.

Perihal menu makanan yang sebaiknya dimasak, silahkan cari di TikTok dan YouTube karena sudah banyak yang membagikan masakan murah buat anak kos.

5. Beli Galon

Selain makan, kebutuhan utama setiap orang adalah minum. Alih-alih membeli minum kemasan yang harganya cukup mahal buat kondisi berhemat, lebih baik membeli galon.

Dengan uang tidak sampai Rp. 10 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan air satu galon yang porsinya sangat banyak. Karena diminum sendiri, air galon bisa bertahan selama berhari-hari.

Jangan lupa untuk selalu membawa bekal makan dan minum dari rumah setiap kali hendak bekerja atau kuliah. Meskipun sedang menghemat uang, kebutuhan makan dan minum seharusnya masih bisa terpenuhi.

Demikianlah beberapa cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan yang patut Anda coba. Meski tidak bisa bertahan sampai satu bulan lamanya, minimal Anda sudah berusaha buat hemat.

Tips diatas diperuntukkan bagi mereka yang merantau di luar kota dan hidup sendiri. Baik itu ketika sedang kuliah atau bekerja. Apabila Anda memiliki teman satu kos, maka bisa patungan untuk hidup bersama dengan uang yang tersedia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *