cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji 1 juta

5 Cara Menabung Untuk Membeli Rumah Dengan Gaji 1 Juta

Gaji 1 juta bukanlah halangan untuk bisa membeli rumah impian. Meskipun gaji Anda tidak sebanyak orang lain, dengan pengelolaan yang baik dan benar tetap bisa mencapai target membuat rumah sekalipun. Sebagai seseorang yang baru mengawali karier, wajar apabila gaji Anda tidak begitu besar. Ingin tahu cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji 1 juta? Simak pembahasan selengkapnya di bawah.

Membeli rumah bukanlah target yang mudah buat diwujudkan. Terlebih lagi gaji Anda memang tergolong kecil dan pas-pasan. Yang Anda butuhkan adalah konsistensi dan kesabaran untuk jangka waktu lama.

Tanpa panjang lebar, mari kita cari tahu cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji 1 juta dibawah ini. Kita asumsikan dengan gaji tersebut Anda masih tinggal bersama orang tua.

Sehingga tidak perlu memikirkan biaya kos dan makan yang bisa langsung melenyapkan gaji Anda per bulan.

Cara Menabung Untuk Membeli Rumah Dengan Gaji 1 Juta

1. Merencanakan Keuangan Sebaik Mungkin

Membuat rencana keuangan adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan supaya bisa membeli rumah atau properti lainnya. Mencatat semua penghasilan dan pengeluaran setiap bulan menjadi hal yang penting dalam membuat rencana keuangan.

Terlebih lagi dengan gaji Rp. 1 juta, jangan sembarangan dalam membelanjakan uang. Hindari pengeluaran tidak penting seperti belanja baju atau kebutuhan hobi lainnya.

2. Pastikan Sudah Bebas Hutang

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah, jangan lupa melunasi seluruh hutang yang dimiliki. Tidak peduli seberapa kecil nominalnya, perlu dilunasi sebelum mulai menabung membeli rumah.

Sebab, hutang bisa menjadi penggagal rencana tabungan Anda yang sudah dirancang sedemikian rupa dan sebaik mungkin. Periksa kembali riwayat hutang Anda, baik itu ke bank, pinjol atau teman.

Sesudah Anda bersih dari hutang dalam bentuk apapun, barulah bisa mulai menabung untuk membeli rumah.

3. Membuat Rekening Khusus

Cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji 1 juta adalah membuat rekening khusus. Jangan campur uang tabungan dan kebutuhan sehari-hari di satu rekening yang sama, karena mudah tergoda untuk mengambilnya.

Beda cerita dengan dua rekening yang berbeda dan dipakai untuk menyimpan masing-masing. Setiap kali Anda menambahkan uang di rekening tabungan, jangan sering mengeceknya. Komitmen untuk tidak mengganggu uang yang ada disitu sampai nanti target terpenuhi.

4. Menentukan Target Tabungan

Setelah persiapan sudah selesai, sekarang Anda perlu membuat target tabungan yang ingin dicapai. Sebagai contoh, Anda ingin membeli rumah seharga Rp. 100 juta.

Kita asumsikan uang Rp. 1 juta yang Anda terima setiap bulan, bisa disisihkan sebesar Rp. 400 ribu per bulan. Buatlah rencana yang realistis, jangan terlalu memaksa uang tabungan sampai mengabaikan kebutuhan.

Angka Rp. 400 ribu rasanya sudah realistis dan bisa dicapai tanpa mengganggu uang untuk kebutuhan per bulan. Sekarang sudah banyak KPR yang menawarkan DP murah dan angsuran sesuai kemampuan nasabah.

5. Menabung Dalam Bentuk Emas

Agar nilai tabungan Anda tidak terkena inflasi, menyimpan tabungan dalam bentuk emas adalah rencana yang bagus. Sejak dahulu emas menjadi andalan masyarakat di Indonesia untuk mempertahankan harta kekayaan yang mereka miliki.

Selain menabung dalam bentuk emas, jangan lupa memaksimalkan waktu untuk mencari pekerjaan sampingan. Bisa freelance sesuai kemampuan masing-masing.

Uang tambahan yang diperoleh selama menjalani freelance bisa dimasukkan ke rekening tabungan membeli rumah.

Demikianlah pembahasan mengenai lima cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji 1 juta. Semoga strategi diatas bisa membantu Anda mewujudkan membeli rumah. Ingat dengan baik bahwa kunci utama agar berhasil adalah konsisten dan sabar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *