cara membuat buku kas pengeluaran dan pemasukan

3 Cara Membuat Buku Kas Pengeluaran Dan Pemasukan Paling Cepat Dan Simpel

Cara membuat buku kas pengeluaran dan pemasukan yang mudah sangat diperlukan bagi pemilik usaha agar mengetahui keluar masuknya dana. Dengan menggunakan buku kas, pemilik usaha dapat mengontrol dan meminimalisir kesalahan dalam menghitung saldo akhir.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat buku kas padahal hal tersebut penting untuk kemajuan usaha. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian buku kas, jenis, manfaat serta cara. Membuat buku kas yang simpel dan mudah dipahami.

Apa Itu Buku Kas?

Penting untuk mengetahui buku kas merupakan catatan keuangan baik dari segi pengeluaran, pembiayaan, modal awal, biaya belanja barang usaha dan kebutuhan lainya ditulis dalam buku kas. Buku kas biasanya memiliki periode jangka satu bulan ataupun satu tahun.

Dalam pembukuan kas usahakan menulis dengan rapi dan detail seperti memberi tanggal, nama barang, keterangan, penyelesaian nominal maupun pengeluaran. Dengan membuat buku kas yang baik sesuai dengan aturan akan mempermudah nantinya dalam pengecekan data.

Jenis dan Manfaat Buku Kas

Kegiatan membuat buku kas pengeluaran dan isinya memiliki manfaat dan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan kas utama dan kas pembantu. Berikut penjelasan lebih lanjut.

1. Buku Kas Utama

Dalam membuat buku kas yang sering digunakan oleh pemilik usaha biasanya menggunakan kas umum. Karena buku kas umum sudah mencangkup seluruh transaksi yang berjalan di perusahaan tersebut selama sebulan hingga satu tahun.

2. Buku Kas Pembantu

Buku kas pembantu ini biasa dilakukan saat perusahaan semakin berkembang dan digunakan untuk mencatat transaksi yang berbeda. Contohnya saja ada pembayaran melalui dompet digital sehingga perlu buku kas lain untuk mencatat.

setelah mengetahui jenis buku kas perlu juga mengetahui manfaat buku kas dengan menuliskan data di buku kas dengan rapi akan mempermudah mengkroscek data. Berikut beberapa manfaat membuat buku kas:

  • Mengetahui dan mengontrol keuangan suatu perusahaan.
  • Awal dana yang keluar serta piutang piutang.
  • Meminimalisir terjadinya penurunan usaha.
  • Untuk mengontrol pengeluaran yang tidak sesuai.

Baca Juga : Simak 2 Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya Rumah Terlengkap

Cara Membuat Buku Kas Pengeluaran Dan Pemasukan

Selanjutnya setelah mengetahui pengertian buku kas, jenis dan kegunaannya selanjutnya akan ada pembahasan mengenai cara membuat buku kas pengeluaran dan penyelesaiannya. Berikut rangkuman 3 cara tersebut.

1. Mencatat Secara Kas Manual

Cara pertama yang biasa dilakukan pelaku usaha dalam mencatat Kas masih dengan cara mencatat dengan manual di buku tulis. Hal tersebut disebut cukup efektif dalam usaha yang terbilang relatif kecil.

Namun perlu diketahui bahwa pembukuan kas itu penting jika dilakukan dengan manual untuk usaha yang berjalan bertahun-tahun akan menimbulkan kesulitan. Kas manual bisa dijadikan rekomendasi untuk usaha kecil bukan perusahaan besar.

2. Pencatatan Kas Menggunakan Microsoft Excel

Cara selanjutnya mencatat Kas dengan Microsoft Excel menjadi solusi tepat bagi perusahaan besar dan sudah berjalan bertahun-tahun lamanya. Dengan adanya Microsoft Excel cukup mempersiapkan komputer atau laptop untuk mencatat Kas.

Demikian Pengeluaran dan pelaporan kas bisa dengan mudah dicatat karena sudah ada fitur kolom dan disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu untuk mempermudah dalam mencatat data bisa menggunakan rumus dan pembukuan kas dapat diakses dengan cepat dan mudah.

3. Mencatat Kas Melalui Aplikasi

Cara membuat buku kas pengeluaran dan penutupan selanjutnya bisa menggunakan aplikasi di android atau sejenisnya. Cukup dengan mendownload aplikasi di play store secara gratis dan cara ini lebih simpel dan sekaligus menjadi solusi bagi yang belum memiliki laptop.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat buku kas pengeluaran dan pemasukan yang mudah dipahami. Selain itu juga pembahasan diatas membahas terkait pengertian, jenis dan manfaat buku kas untuk mempermudah menganalisis data.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *